8 Mile(2002), Perjuangkan Impianmu, Cita-Cita Mu, Hidupmu!

DATA FILM

Sutradara: Curtis Hanson . Penulis Naskah: Scott Silver  . Bintang: Eminem, Brittany Murphy, Mekhi Phifer, Kim Basinger . Durasi: 110 menit . Tahun Rilis: 2002.

PENGHARGAAN OSCAR

–  Best Music, Original Song: EMINEM (Music dan Lyric), Jeff Bass dan Luis Resto (Music) untuk Lagu “Lose Yourself”.

JALAN CERITA(PLOT)

8 MILE (5)

Film ini bercerita tentang seorang rapper pemula berkulit putih bernama Jimmy “B-Rabbit” Smith Jr.(EMINEM). Rabbit sendiri tidak berada dalam kondisi yang menguntungkan untuk memulai karirnya sebagai rapper di tahun 1995. Hidup dengan penuh kesulitan, bekerja sebagai pegawai rendahan (istilah Amriknya Kerah Biru) di pabrik sparepart body mobil di Detroit, Michigan, terpaksa tinggal menumpang di trailer kumuh milik ibunya, Stephanie (Kim Basinger) dan adik perempuan kecilnya, Lily(Chloe Greenfield).

Selanjutnya film ini akan berkisah tentang pahit getirnya Rabbit untuk berjuang di dunia Rap Hip Hop yang didominasi warga kulit hitam (dirinya menjadi minoritas karena dunia rapper mayoritas dikuasai orang kulit hitam).

Stephanie sendiri hidupnya berantakan. Bahkan saat pertama kali Rabbit pulang ke trailernya, Stephanie dalam keadaan sedang bercinta dengan teman prianya, Greg Buehl (Michael Shannon), sempat terjadi keributan di sana, untunglah Lily yang terbangun karena keributan tersebut dapat memaksa Rabbit mengendalikan emosinya.

8 MILE (21)

Kehidupan sosial Rabbit juga sedang di ujung tanduk, dirinya baru saja putus dengan pacarnya, Janeane (Taryn Manning) dan terpaksa memberikan mobilnya untuk Janeane. Sebagai rapper pemula, Rabbit harus membuktikan kemampuannya dalam nge-rap dengan mengikuti kontes Rap-Battle yang diselenggarakan di komunitas underground The Shelter. Meski mendapat dukungan dari teman temannya, tapi Rabbit benar benar tidak dapat mengendalikan suasana dan lupa akan lirik rapnya, jadilah dia terdiam saat kontes Rap dan tentu saja kalah. Hal ini mengakibatkan dirinya menjadi cemoohan seluruh penonton dan lawan rap nya, terutama kelompok Rapper kasar bernama Free World yang diketuai Papa Doc(Anthony Mackie).

8 MILE (12)

Gagal dalam kontes Rap Battle, Rabbit kembali ke kehidupan normalnya. Di sela sela waktunya dia sempatkan untuk berlatih nge-rap dan menuliskannya pada kertas yang memudahkannya untuk mengingat dan belajar. Hingga suatu hari Rabbit bertemu dengan adik perempuan dari salah satu pekerja di pabriknya, wanita tersebut bernama  Alex Latorno(Brittany Murphy). Alex dan Rabbit saling cocok satu sama lain. Akhirnya keduanya pacaran.

8 MILE (14)

Alex bercita cita untuk dapat menjadi model di kota besar. Meskipun demikian cintanya kepada Rabbit tidaklah pudar. Hingga suatu waktu Alex berselingkuh dengan Wink(Eugene Byrd). Wink sendiri adalah salah satu teman dari Rabbit yang mau mengorbitkan Rabit pada awalnya. Mengetahui perselingkuhan Alex dan Wink, Rabbit marah besar kepada Wink.

Wink akhirnya bergabung dengan kelompok Free World. Rabbit dan kawan kawannya sendiri sebenarnya sudah sering bentrok dengan Papa Doc cs. Suatu waktu bahkan keadaan sempat memanas hingga salah satu teman Rabbit, Cheddar Bob mengeluarkan pistol dari balik bajunya. Keadaan sempat tegang, Cheddar Bob yang tidak biasa memegang senjata justru malah menembak kakinya sendiri. Free World segera pergi setelahnya.

8 MILE (3)

Ketegangan hubungan antara Wink dan Rabbit sempat membuat Free world menghajar habis-habisan Rabbit, untunglah dia tidak jadi ditembak mati anggota Free World karena dicegah oleh Wink.

 I’m gonna turn around with a great smile, and walk my white ass back across 8 Mile. (B. Rabbit)

Keinginan Rabbit untuk masuk dapur rekaman masih tetap hidup, tapi dia menyadari bahwa selama ini dia salah dalam menghadapi kehidupannya. Rabbit selama ini sering memandang pesimis hidupnya. Sering menyalahkan situasi dan orang orang yang ada dalam kehidupannya sebagai biang dari segala problem yang dialaminya. Sekarang Rabbit sadar, dia harus mulai tanggung jawab atas kehidupannya. Dia hidupkan kembali mimpi untuk menjadi Rapper kulit putih yang sukses.

8 MILE (18)

Beruntung suatu malam hubungannya dengan Stephanie sedikit membaik setelah Stephanie memenagankan lotere. Hal ini semakin menguatkan Rabbit. Dia juga makin tertantang untuk kembali berduel di Rap Battle setelah Alex yang hendak pergi ke luar kota menyemangatinya.  Rabbit segera mencari jalan agar dia dapat ikut Battle di tengah malam.

Don’t ever try to judge me dude / You don’t know what the fuck I’ve been through (B. Rabbit🙂

Adalah Paul, pria yang sempat di belanya di awal cerita ketika dia dilecehkan oleh kawan kawannya dalam rap battle di sekitaran pabrik, yang menjadi dewa penyelamatnya. Paul bersedia untuk menggantikan sementara Rabbit dalam shiftnya. Rabbit segera menuju The Shelter untuk ikut Rap Battle. Di sana dia sudah ditunggu gengnya. Semua anggota geng nya sekarang mendukungnya untuk mengalahkan Free World.

Setelah melalui perjuangan keras akhirnya Rabbit dapat menjadi juara Rap Battle setelah mengalahkan kelompok yang dipimpin Papa Doc.

8 MILE (8)

B. Rabbit:

This guy keeps screamin’! He’s paranoid. Quick! Someone get his ass another steroid!

8 MILE (23)

B. Rabbit:

This man ain’t no mother-fuckin’ MC / I know everything he’s got to say against me / I am white, I am a fucking bum / I do live in a trailer with my mom / My boy future is an Uncle Tom / I do got a dumb friend named Cheddar Bob / Who shoots himself in the leg with his own gun / I did get jumped by all six of you chumps / And Wink did fuck my girl / I’m still standing here screaming “Fuck the Free World!”

Terharu dengan hal ini, teman Rabbit David “Future” Porter (Mekhi Phifer) yang bertindak sebagai MC menawarkan Rabbit untuk mendampinginya menjadi Duo MC di acara-acara Battle selanjutnya. Rabbit menolaknya dengan mengatakan bahwa dirinya bercita cita untuk menjadi Rapper yang sukses.

TOP QUOTES

Jimmy Smith Jr:

Fuck a beat, I’ll go A Capella. Fuck a Papa Doc, fuck a clock, fuck a trailer, fuck everybody. Fuck y’all if you doubt me. I’m a piece of fuckin’ white trash, I say it proudly.

And fuck this battle, I don’t want to win, I’m outtie.

Here, tell these people something they don’t know about me.”

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

 – Hidup ini adalah tempat yang kejam, kita perlu bekerja keras untuk dapat survive apalagi untuk dapat menjadi sukses. Penuh halangan, rintangan, masalah, musuh dan kekecewaan. Belajarlah untuk menjadi makin kuat setiap saat. Jangan biarkan impianmu mati karena lingkungan dan masalah-masalahmu.

TAHUKAH KAMU?

8 MILE (2)

 – EMINEM memenangkan piala oscar untuk Best Music/ Original Song mengalahkan U2 dengan “The Hands That Built America” untuk Gangs of New York  (2002), namun dia dan Jeff Bass tidak menghadiri penyerahan piala. Akhirnya sebab ketidak datangannya terjawab ketika dia (EMINEM) mengatakan bahwa dirinya tidak merasa pantas disandingkan dengan para aktris dan aktor Hollywood karena dirinya adalah penyanyi Rap dan Hip Hop. Begitulah dia menjelaskan mengapa dirinya tidak menghadiri penyerahan piala.

Sebagai tambahan informasi, lagu Lose Yourself membuat 8 Mile(2002) hingga saat ini menjadi satu satunya lagu Rap Hip Hop yang memenangkan piala Oscar.

 – Quentin Tarantino sempat digembar gemborkan akan menyutradarai film ini, tapi di tengah kesibukannya menggarap Kill Bill Vol.1 dan 2 akhirnya namanya terpinggirkan.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA. Lesbian: TIDAK. Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA. Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA . Bahasa Kasar: YA . Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 21+ (Dewasa)

KESIMPULAN:

Tak sulit bagi seorang Marshall Bruce Mathers III aka Eminem untuk memerankan peran Rabbit. Mengingat peran Rabbit adalah seperti dirinya sendiri. Tapi tetap penampilannya perlu diapresiasi sebab dirinya bukanlah seorang aktor melainkan rapper. Hal yang menarik untuk disimak bagi saya adalah nilai moral yang terkandung di dalam film ini, tentang kerja keras, kepercayaan, semangat hidup, ketegaran dan perjuangan.

 

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

7

Leave a comment