Hard Candy(2005), Ketika Red Riding Hood Mempermainkan “Pedo-Wolf”?

DATA FILM

Sutradara: David Slade . Penulis Naskah: Brian Nelson  . Bintang: Patrick Wilson, Ellen Page . Durasi: 104 menit . Tahun Rilis: 2005.

PENGHARGAAN OSCAR

– Tidak Ada.

HARD CANDY - 1 (4)

” Strangers shouldn’t talk to little girls.”

JALAN CERITA(PLOT)

Berawal dari dari dunia maya, Hayley Stark(Ellen Page), 14th gadis manis berambut pendek berkenalan dengan pria paruh baya bernama Jeff Kohlver(Patrick Wilson). Setelah chatting selama 3 mingguan jadilan Hayley berjanji untuk bertemu dengan Jeff di sebuah Kedai Kopi Nighthawks.

HARD CANDY - 1 (1)

“Teenage? Yeah. Joke? No.”

Seusai berbincang bincang beberapa lama dan bertukar pikiran, Jeff dan Hayley memutuskan untuk mampir di rumah Jeff. Jeff sendiri yang mengaku sebagai fotografer model tidak keberatan dengan ide tersebut. Jadilah keduanya pergi siang itu. Hayley sendiri adalah gadis muda periang, berwawasan luas dan tertarik pada berbagai hal dan terbuka pada orang asing.

Sesampainya di rumah Jeff, perbincangan mereka makin seru. Hayley yang memang menyukai music Goldfrapp serasa mendapatkan teman yang cocok karena Jeff, 32th ternyata juga mengidolakan Goldfrapp. Bahkan Jeff memiliki CD musik Goldfrapp. Jadilah Hayley makin suka dengan Jeff.

HARD CANDY - 1 (14)

Mereka berdua kemudian minum minuman jus beralkohol, tak berapa lama Jeff merasa pusing. Hayley makin memanaskan suasana dengan memutar lagu Goldfrapp dengan volume penuh dan mulai melepas bajunya satu persatu. Namun, tak lama kemudian Jeff sudah terkapar.

HARD CANDY - 1 (7)

Dan, alhasil ketika dia sadar dia sudah berada di atas kursi kerjanya dengan diikat kuat oleh Hayley. Sejurus kemudian Hayley melemparkan tuduhan kepada Jeff bahwa Jeff adalah seorang Pedofilia yang mengincar anak-anak sebagai korbannya lewat internet. Tentu saja pernyataan ini dibantah oleh Jeff mentah mentah.

Hayley juga mengatakan bahwa Jeff adalah otak dari penculikan gadis muda bernama Donna Mauer. Kembali Jeff menegaskan bahwa dia tidak pernah menculik satu anak pun. Jadilah siang tersebut Hayley menceramahi Jeff akan segala tingkah buruk yang dituduhkan kepadanya.

HARD CANDY - 1 (17)

Melalui salah satu foto yang tergantung di rumah Jeff, Hayley mendapatkan kesimpulan bahwa Jeff pernah jatuh cinta kepada wanita bernama Janelle Rogers(Odessa Rae), tuduhan akan Jeff adalah seorang pria yang mendapatkan keuntungan dari model model yang diprotretnya pun diluncurkan oleh Hayley.

HARD CANDY - 1 (2)

Sayang setelah mengeledah rumah Jeff, Hayley tidak dapat menemukan satupun bukti ucapanya tersebut. Tapi di ujung keputusasaannya dalam mencari bukti ucapannya, dia menemukan locker tersebunyi dibalik batu batu hiasan di dalam rumah Jeff. Berbekal dari nomor telepon Janelle dan segala atribut Jannele, Hayley akhirnya menemukan password dari locker tersebut. Di dalamnya dia menemukan photo dari Donna Mauer. Hayley makin trengginas dalam melemparkan tuduhan kepada Jeff yang tidak berdaya di atas kursi.

Hayley Stark: “Aww, it’s not his fault. He’s sick. He has an addiction.”

Jeff beberapa saat kemudian berhasil mendapatkan pistolnya yang disimpannya, karena tadinya sempat diketemukan Hayley tapi dilempar ke atas kasur. Sekarang Jeff dengan pistolnya siap membunuh Hayley. Tapi tanpa disangka sangka Hayley tiba tiba muncul entah darimana dan mulai menutupi wajah Jeff dengan menggunakan plastik wrapp. Jeff lemas dan pingsan.

Saat tersadar Jeff sudah berada di atas meja dengan keadaan telanjang tanpa celana. Dirinya makin mengenaskan karena Hayley sudah mengikatnya agar tidak mampu bergerak sedikitpun. Hayley juga menempatkan satu karung kecil es batu di atas buah zakar dari Jeff. Jeff makin panik dengan perilaku aneh dari Hayley ini.

HARD CANDY - 1 (3)

Ternyata Hayley memiliki rencana untuk mengebiri sendiri kemaluan dari Jeff hingga dapat mencegah Jeff melakukan aksinya di kemudian hari. Tegas saja hal ini menjadikan Jeff pusing tujuh keliling, dengan ribuan cara dia mencoba agar Hayley mengurungkan niatnya tersebut. Tapi tidak berguna apa yang diupayakan Jeff.

Setelah cukup mati rasa, Hayley mulai memasang kamera agar Jeff dapat melihat sendiri proses pengebiriannya. Selang beberapa waktu akhirnya proses tersebut berhasil. Jeff merasa frustasi dan marah  hebat serta sedih mengetahui fakta bahwa dia sudah dikebiri seorang anak kecil. Sementara Hayley merasa lega karena Jeff sudah dikebiri. Hayley memutuskan untuk pergi mandi.

Jeff Kohlver: I’d say, “Help… a teenager cut my balls off. Call the police.”

Di sela waktu tersebut Jeff berusaha untuk melepaskan diri. Tekad kuatnya akhirnya terbayarkan ketika dia berhasil melepaskan diri. Dia akhirnya tertipu mentah mentah setelah mengetahui bahwa dirinya tidaklah dikebiri oleh Hayley. Sedangkan video yang dilihatnya ketika proses pengebirian sendiri adalah ternyata sebuah video rekaman.

Jeff dengan penuh amarah segera mengambil pisau bedah dan mulai mencari Hayley di kamar mandi. Sayang Hayley ternyata jauh lebih cerdik, dia ternyata tidak sedang mandi.

Hayley segera menyerang Jeff dengan setruman listrik. Jeff kembali tidak sadarkan diri.

HARD CANDY - 1 (11)

Saat siuman Jeff mendapati dirinya sedang digantung oleh Hayley dengan tali di dapur, dengan masih menginjakan kaki di kursi. Hayley makin menunjukkan kuasanya dengan terus menyiksa Jeff. Hingga, tak selang beberapa lama datanglah tetangga Jeff bernama Judy Tokuda(Sandra Oh) untuk mengantarkan kue, Hayley berhasil mengatasi keadaan ini tanpa membuat nona Judy tahu kondisi Jeff. Hayley menngaku bahwa Jeff sedang keracunan makanan dan saat ini terbaring sakit. Judy percaya dengan omongan Hayley yang mengaku keponakan dari Jeff tersebut.

HARD CANDY - 1 (6)

Kemudian Hayley segera menelepon Janelle dengan mengatakan bahwa dirinya adalah petugas kepolisian LAPD yang sedang bertugas dan berada di kediaman Jeff. Hayley mengatakan bahwa kondisi Jeff sedang butuh pertolongan. Hayley meminta Janelle untuk datang ke rumah Jeff.

Hayley Stark:I shouldn’t have teased you. I shouldn’t have made you think there was a way out of this.

Setelah itu Hayley mengetahui bahwa Jeff sudah kabur dari talinya. Hayley segera mengambil tali tersebut dan naik ke atap. Jeff tidak kesulitan untuk menemukan Hayley. Di atas atap kemudian Hayley mengatakan bahwa dia sudah menelepon Janelle untuk datang, Hayley juga meminta Jeff untuk bunuh diri dengan gantung diri dengan tali yang sudah disiapkannya. Dengan imbalan, Hayley akan berpura pura mengatakan bahwa Jeff mati bunuh diri, serta Hayley berjanji untuk melenyapkan segala barang bukti akan perbuatan Jeff.

HARD CANDY - 1 (13)

Jeff yang merasa putus asa, karena cintanya kepada Janelle dan dirinya yang tidak mau melukai hati Janelle memilih untuk gantung diri dan mengikuti permintaan Hayley. Saat Jeff mulai gantung diri, Hayley mengatakan bahwa dia tidak akan menepati janjinya tadi. Setelah itu Hayley pun pergi dengan meninggalkan mayat Jeff dan Janelle yang kebingungan mencari Jeff di rumahnya.

Sang red riding hood akhirnya berhasil melumpuhkan “warewolf” pedofilia.

HARD CANDY - 1 (12)

TOP QUOTES

Well, 4 out of 5 doctors agree that I am actually insane.”

Hayley Stark:

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Setiap kebaikan dan keburukan pastinya mendatangkan konsekuensi tersendiri, baik di masa sekarang maupun masa mendatang, ini menjadikan kita harusnya lebih berhati hati dalam melangkah dan meniti kehidupan, karena sepandai pandainya tupai melompat, pasti sekali kali dia akan jatuh jua.

TAHUKAH KAMU?

– Meski awalnya tidak berniat untuk mengasosiasikan Hayley dengan Red Riding Hood, dengan keterbatasan dana untuk Make Up dan costume, sang sutradara terpaksa menggunakan budgetnya untuk kostum tudung merah untuk Hayley.

– Ellen Page saat syuting dilakukan sebenarnya berusia 17 tahun, tapi di film doi diceritakan berusia 14 tahun, yah ngak aneh banget lah, mengingat Ellen bodynya mungil dan kecil jadi tidak terlalu masalah.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: TIDAK. Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK. Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA, ada adegan mengebiri alat kelamin pria . Adegan Merokok: TIDAK . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA . Bahasa Kasar: TIDAK . Adegan Menyeramkan: YA, WARNING!! Ada adegan disturbing.

OVERALL: Film Khusus Untuk Kalangan Tertentu.

KESIMPULAN:

– Banyak film yang mengangkat tema pedofilia (tema yang sedang marak di Indonesia, mengingat banyaknya kasus Pedofilia akhir akhir ini), meski tidak menjadikannya tema utama, semisal Mystic River, Seven, A Nightmare of Elm Street dan Nymphomaniac, tapi berbicara mengenai film dengan budget dan pemain yang terbatas, dengan ide yang sedikit nyeleneh maka kita pantas mengangkat film Hard Candy ke permukaan.

Meski begitu dengan segala keterbatasannya Hard Candy masih mampu menampilkan cerita yang seru dan menegangkan, meski ada adegan yang disturbing bagi sebagian/ mayoritas penonton secara keseluruhan film ini menarik untuk diikuti. Elen Page bermain luar biasa untuk anak seusianya dalam film ini, dia berhasil menjadi bintang dalam sepanjang film. Patrick Wilson sendiri bermain tidak buruk.

Overall, boleh ditonton untuk mengisi waktu luang (tidak disarankan bagi anda yang perutnya tidak kuat untuk adegan adegan disturbing).

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

6.5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s