The Ghost and Mr. Chicken (1966) – “A’int Creepy but Funny as Hell”

The Ghost & Mr_Rating.png

MOVIE DETAIL

Director: Alan Rafkin . Writers:  James Fritzell, Everett Greenbaum. Stars:  Don Knotts, Joan Staley, Liam Redmond . Durasi: 90 minutes . Year:1966.

OSCAR 

– None

TRAILER

 

Bagaimana jadinya jika seorang yang paling penakut terpaksa harus membuktikan diri dengan uji nyali di tempat paling angker yang diketahuinya?

Luther Heggs seorang jurnalis rendahan  yang selalu direndahkan banyak orang mencoba peruntungan untuk merubah nasibnya dengan melakukan uji nyali di rumah berhantu untuk kemudian menceritakannya dikoran harian.

PLOT

G-G-GUARANTEED! YOU’LL BE SCARED UNTIL YOU LAUGH YOURSELF SILLY!

The Ghost & Mr (13).jpg

“Chicken artinya adalah cowardly, pecundang”

Luther Heggs(Don Knotts) seolah mendapatkan durian runtuh ketika dia pulang kerja pada malam hari, dirinya mendapati kasus pembunuhan paling mengerikan dan misterius di kota Kansas, USA. Pembunuhan terjadi di tengah jalan yang gelap dengan mengggunakan kayu balok yang sangat besar, merasa mendapatkan kesempatan yang dicarinya, Heggs sesegera mungkin mengambil gambar TKP serta korban berikut bukti2 serta keterangan saksi di TKP.

The Ghost & Mr (9).jpg

Heggs kemudian segera menuju ke kantor polisi terdekat untuk membuat laporan resmi akan apa yang dilihatnya. Bersama dengan bosnya Heggs akhirnya mendapati bahwa apa yang dilihatnya bukanlah seperti apa yang dia perkirakan. Dirinya kemudian menjadi bahan lelucon seluruh orang di kantor polisi.

” That’s right, karate… made my whole body a weapon.” – Heggs

The Ghost & Mr (15).jpg

Penderitaan Heggs bahkan tidak berhenti di sini, karena orang2 kemudian harinya tetap saja menjadikannya bahan lelucon yang tiada habisnya. Heggs menjadi sangat kikuk dan malu kepada semua orang.

“Electrician Must Be a Democrat” – Heggs

The Ghost & Mr (6).jpg

Diam-diam dirinya menaruh hati pada Alma Parker(Joan Staley), wanita cantik yang sedang dikejar kejar rekan kerjanya yang tampan Ollie Weaver(Skip Homeier). Namun apa daya, Heggs adalah pecundang dalam semua segi kehidupannya. Dirinya tidak punya nyali bahkan hanya untuk menyapa dan mengajak jalan Alma.  Tidak hanya karena dirinya mengira bahwa Alma sudah menjadi milik Ollie, tapi juga karena sikap rendah dirinya yang merasa tidak memiliki apapun untuk dibanggakan di depan bidadarinya ini.

“Atta boy, Luther!” – Seseorang

The Ghost & Mr (4).jpg

Heggs seolah2 benar2 mendapatkan titik balik kehidupannya ketika dia mendapatkan kesempatan untuk mengubah nasib dengan membuat cerita tentang Mansion berhantu milik Mr.Simmons, berawal dari dikompori oleh petugas kebersihan di kantornya, Heggs mendapatkan ide gila tersebut. Mansions tersebut diceritakan sebagai tempat pembunuhan nyonya pemilik rumah,Mrs.Simmons oleh suaminya dan tempat bunuh diri sang suami, Mr.Simmons. Melalui kabar yang beredar, Mr.Simmons tiba2 membunuh sang istri di ruang bawah, kemudian dia dengan berlumuran darah naik ke lantai atas lalu bermain organ, masih dengan keadaan berlumuran darah istrinya pada tangannya. Mr.Simmons lalu dikabarkan bunuh diri dengan terjun dari lantai dua rumahnya ke luar rumah. Setiap tengah malam disana selalu ada hantu yang memainkan organ sama seperti saat malam pembunuhan terjadi. Hantu itu dipercaya adalah arwah dari Mr.Simmons yang masih gentayangan. Tiada orang yang berani untuk tinggal lagi di tempat tersebut. Cerita ini menjadi buah bibir hingga 20 tahun peristiwa terjadi. Ketika peringatan 20 tahunnya tersebut Heggs tertantang untuk melakukan uji nyali tidur di mansions tersebut, sekaligus membuktikan perkataan banyak orang akan mansions tersebut. Terlebih ketika Ollie memanas2i Heggs bahwa dia tidak punya cukup nyali untuk uji nyali di rumah berhantu tsb.

“Calm? Do “murder” and “calm” go together? Calm and murder? Murder?” – Heggs

 

REVIEW

Plotnya seolah2 akan terlihat mudah dan sederhana pada awalnya. Hanya seorang bego yang mencoba menguji nyali di sebuah rumah berhantu. Namun kemudian ternyata cerita tersebut hanya mengambil porsi 40% dari keseluruhan film. Sisanya adalah cerita mengenai banyak hal mulai dari kisah cinta Heggs, kumpulan wanita pemuja okultisme, rencana perobohan mansion yang tak kunjung di acc istri pemilik bank yang tak lain pemilik 51% saham bank dan ketua pemuja okultisme, juga tak ketinggalan twist paling menggemparkan yang meliputi konspirasi keluarga Simmons.

Penampilan Don Knotts mengundang decak kagum, dia menjiwai peran sebagai Heggs yang mudah gugup, pecundang, kikuk di hadapan banyak orang, orang pinggiran. Dirinya mengontrol jalannya film melalui setiap gerak geriknya dalam setiap scene. Scene ketika pidato pada makan siang bersama petinggi kota benar2 kocak, let me clarify this…. LOL… juga ketika berada di ruang sidang. Pemeran2 lainnya juga tidak kalah menariknya dengan peran yang kecilnya, seperti trio ibu2 di rumah Heggs yang selalu menebar horror mansion dengan gosipnya, orang gak jelas yang duduk di tempat duduk Heggs ketika dia berkencan dengan Alma, penjaga lift yang diam2 mengagumi Heggs,kumpulan pemuja okultisme yang fanatik, serta entah siapa yang selalu berteriak “Attaboy Heggs” setiap kali Heggs berbicara di khalayak umum, very funny.

LIFE LESSONS

  • Ghost and Comedian doesn’t go together 😀

DID YOU KNOW?

Joan Stanley (Alma Parker), ayahnya adalah seorang musisi yang tebak.. juga bermain organ.

THE COMMENTS

The Ghost & Mr_Comments.png

 

FILM SERUPA

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Rating_PG_13_Parent Guidance +13 _Bimbingan Orangtua + Anak diatas 13th.png

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s