Southpaw (2015), Dipukul Jatuh oleh Kehidupan dan Saved By The “Hope”

MOVIE METER_SOUTHPAW

MOVIE DETAIL

Director: Antoine Fuqua . Writers: Kurt Sutter. Stars: Jake Gyllenhaal, Rachel McAdams, Forest Whitaker, Oona Laurence, 50 Cent & Naomie Harris. Durasi: 124 minutes . Year: 2015.

OSCAR 

– none

TRAILER

PLOT

“Southpaw” is a boxing term that designates the stance where the boxer has his right hand and right foot forward, leading with right jabs, and following with a left cross right hook. Southpaw is the normal stance for a left-handed boxer. The corresponding designation for a right-handed boxer is orthodox, and is generally a mirror-image of the southpaw stance.

Southpaw (8)

Billy “The Great” Hope (Jake Gyllenhaal), tengah berada di puncak karir tinjunya. Malam itu dia berhasil meng-KO lawannya dan terus mempertahankan status tak terkalahkannya. Rekor kemenangannya 43-0. Dengan dukungan dari sang istri, Maureen Hope(Rachel McAdams), putri semata wayangnya Leila Hope(Oona Laurence) dan manajernya Jordan Mains(Curtis “50Cent” Jackson) karir cemerlang Billy nampaknya akan terus bersinar terang.

Di akhir laga, Maureen mewanti wanti Billy agar mau mempertimbangkan untuk menggantung sarung tinjunya demi keselamatan dirinya. Maureen meski senang Billy mendapatkan ketenaran dan kelimpahan harta dari bertinju namun menganggap bahwa tinju berpotensi menghancurkan segala yang ia miliki, karena setiap kali Billy naik ring dirinya khawatir akan keselamatan nyawa Billy. Namun Jordan, manager yang mata duitan dan oportunis tidak akan menyia nyiakan kesempatan untuk Billy naik ring dan mendapatkan pemasukan yang jauh lebih besar, Jordan terus membujuk Billy untuk kembali naik ring dan melawan petinju yang tengah naik daun, Miguel “Magic” Escobar(Miguel Gomez) .

Billy berasal dari anak panti asuhan, sarung tinju telah membawanya keluar dari kehidupan yang sulit di masa kecil. Kerasnya kehidupan membuat Billy menjadi seorang yang tangguh di dalam ring dan sulit dikalahkan. Gaya bertijunya yang ganas telah banyak memakan korban. Segala kemarahan akan kehidupan dilampiaskan pada lawan tandingnya. Bersama Maureen, teman semasa kecilnya dirinya meniti beratnya dunia luar dan ring tinju. Dukungan dari Maureen, Leila dan sahabat-sahabatnya membuat Billy tetap di puncak performanya di dalam dan di luar ring tinju. Hingga akhirnya dirinya benar-benar dipukul jatuh hingga KO dalam kehidupannya…

Sang istri tersayang harus meregang nyawa dalam tragedi yang melibatkan petinju yang mencoba menantangnya, Miguel ‘Magic’ Escobar, selanjutnya dirinya bangkrut secara ekonomi dan menjadi pemabuk serta harus kehilangan hak asuh atas Leila karena dianggap tidak bisa mengurus anak oleh pengadilan. Satu satunya yang tersisa dalam kehidupannya hanyalah Harapan, dirinya lantas menemui pelatih petinju senior, Titus “Tick” Wills (Forest Whitaker) untuk kembali merangkai kehidupannya kembali dan mencari jalan penebusan…….

Jordan Mains: “Every time i seen you fight , you climb in there alone Every time you bled , you bled your blood When you sat down on that stool and it felt like death and you thought you couldn’t get back up , but you GOT UP! ? You did that!”

Cerita yang klise dalam perjuangan seorang petinju sudah sangatlah sering diceritakan dalam film, perjuangan dari nol menjadi seseorang dalam Rocky (1976), tinju sebagai pelarian dari kerasnya dunia dalam The Hurricane(1999), perjuangan dari seseorang yang tidak dianggap menjadi tenar dalam dalam Million Dollar Baby(2004), perjuangan keluar dari kesulitan dengan darah dan air mata dalam Cinderella Man(2005)  hingga beratnya memikul nama warisan dalam Creed(2015).

Bagus memang, sebab tinju sendiri memang menghadirkan drama kehidupan akan perjuangan yang mudah memotivasi penonton, mencuri simpati dan menggugah naluri, namun sisi lain yang hendak ditekankan oleh Antoine Fuqua rasanya adalah tentang harapan. Bahwa siapapun, ketika dipukul habis keadaan (baca: masalah-masalah dalam kehidupan) harus tetap memiliki harapan untuk terus berjuang dan tidak menyerah.

Awalnya film ini, berdasar dari pernyataan dari penulis naskah Kurt Sutter, ditujukan untuk menjadi lanjutan dari kisah 8Mile(2002), yang dibintangi Eminem (Eminem sendiri memang kidal), namun hendak dikata, hal tersebut urung terjadi, tapi tidaklah masalah Eminem masih sedikit banyak memberikan sentuhannya pada soundtrack film ini. Jake Gyllenhaal mampu memberikan performa yang cemerlang di film ini, karakter yang dia perankan sungguh benar benar membius penonton. Sungguh Jake telah menjadi nyawa dari film ini di samping aktor-aktor lainnya yang kalah terang. Rachel McAdams juga punya performa yang cemerlang, sayang kehadirannya sungguh terbatas karena hanya ada beberapa menit. Beberapa karakter lainnya justru kalah terang dibanding dua nama tersebut, sebutlah Forest Whitaker, Naomie Harris dan 50 Cent yang punya potensi menjadi pencuri perhatian di film ini.

 

 

LIFE LESSONS

– Life will fuck you hard!, life will never fair, get yourself used to it!, you just need to hold on and keep moving forward, have a hope!

DID YOU KNOW?

Jake Gyllenhaal adalah penggemar tinju, dan karakter yang dia perankan didasarkan pada Petinju Puerto Rico, Miguel Cotto dan petinju AS, Floyd “Money” Mayweather keduanya adalah petinju Orthodox.

MOVIE CRITICS-SOUTHPAW.png

THE INTERVIEW

 

FILM SERUPA

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Rating_R_Restricted_Remaja 17+ & Dewasa 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s