Jeff, Who Lives at Home (2011), Eksplorasi Esensi Hidup

JEFF Rating.png

“The first step to finding your destiny is leaving your mother’s basement.”

MOVIE DETAIL

Director: Jay Duplass, Mark Duplass. Writers: Jay Duplass, Mark Duplass. Stars:Jason Segel, Ed Helms, Judy Greer,Susan Sarandon. Durasi: 83 minutes . Year: 2011.

OSCAR 

– Oscar still at Home XD

TRAILER

PLOT

Jeff, Who Lives at Home_(2)

Bercerita tentang kegalauan tiga manusia dalam satu keluarga besar, Jeff, Who Lives at Home(2011) gagal mencapai potensi terbaiknya. Ceritanya tidak tersusun rapi, naskah yang buruk, dialog yang sulit dimengerti. Setiap karakter tidak mampu menampilkan penampilan yang pas, pengecualian bagi Susan Sarandon yang meski porsinya tidak sebesar Ed Helms maupun Jason Segel tapi cukup menyita perhatian. Komedi yang disampaikan justru kebanyakan tidak mengena. Hal yang paling buruk adalah banyaknya penggunaan zoom kamera yang berlebihan, amat sangat mengganggu pemirsa dan merusak suasana. Di balik semua itu, ending cerita yang lumayan, mampu menyelamatkan film ini dari kegagalan total.

Jeff, Who Lives at Home_(3) Jeff Thomkins(Jason Segel), adalah tipikal pria berumur 30-an yang galau. Selain belum memilik keluarga dirinya juga cenderung pemalas dan hanya menghabiskan waktunya di sofa di basement rumahnya. Di usianya yang sudah menginjak kepala 3 dirinya adalah pengangguran yang kerjaanya cuma menkonsumsi ganja dan bermalas-malasan. Dirinya seperti masih mencari cari tujuan dari hidupnya. Segala hal dalam hidupnya terasa masih belum serius hingga telepon dari orang asing yang mencari pria bernama Kevin, membuatnya tersadar bahwa itu mungkin adalah tanda alam baginya untuk mencari jati dirinya.

Pat: Are you kidding? Do you know anything about adult relationships?

Jeff, Who Lives at Home_(5)Pat(Ed Helms), sang kakak dari Jeff adalah pria paruh baya yang sudah bekerja. Pat juga sudah memiliki istri, bernama Linda(Judy Greer). Meskipun pernikahan keduanya terasa tidak terlalu bahagia. Pat sepertinya masih egois dalam hal mendapatkan kebahagiaannya. Terbukti ketika suatu pagi dirinya mengacuhkan permintaan istrinya untuk memiliki rumah pribadi, namun malah menuruti keinginannya untuk memiliki sedan Porsche. Linda yang kesal segera mengamuk dan mengotori mobil baru Pat.

Jeff, Who Lives at Home_(1)Sharon(Susan Sarandon) adalah ibu dari Jeff dan Pat. Sudah lama menjanda, dirinya merasas kesepian dan kurang perhatian. Sebagai wanita kantoran dirinya hanya menhabiskan waktu di kantornya. Selain itu juga karena setiap kali pulang ke rumah, dirinya juga malah merasa jengkel dengan kelakuan Jeff yang tak kunjung dewasa. Di suatu pagi dirinya  meminta Jeff untuk membetulkan jendala kayu yang rusak di rumah, sekaligus membuat Jeff beranjak dari kemalasannya. Jeff tahu itu, tapi karena tidak tahan dengan omelan ibunya maka dia akhirnya mengangkat kakinya untuk pergi membeli lem kayu untuk memperbaiki jendela tsb.

Everyone and everything is interconnected in this universe. Stay pure of heart and you will see the signs. Follow the signs, and you will uncover your destiny. -Jeff

Di bus menuju supermarket dirinya bertemu dengan pria yang berpakaian kostum basket bernama Kevin. Jeff mengira ini lah tanda alamnya tadi, jadilah Jeff membuntuti Kevin kemanapun dia pergi. Sementara itu Sharon, di kantor justru mendapati dirinya mendapatkan pesan dari seseorang yang misterius. Pesan yang cenderung menggoda itu justru membuat sharon penasaran dengan pengirim pesannya.

Pat, sedang sial hari itu. Sepulang dari kerjanya dia menemukan Linda sedang asyik makan siang dengan seorang pria. Pat curiga bahwa pria ini adalah selingkuhan dari Linda. Jeff yang mengikuti Kevin tadi akhirnya bertemu dengan Pat. Keduanya lantas bersama sama mencari tahu kebenaran dari kecurigaan Pat. Linda dan teman prianya berakhir di Hotel. Pat dan Jeff akhirnya memutuskan untuk mendobrak pintu hotel dan menemukan Linda sedang berduaan dengan teman prianya.

Teman pria Linda lantas ambil langkah seribu, sementara itu Linda justru beradu argumen dengan Pat mengenai masalah rumah tangga mereka. Linda segera pergi, tapi Pat segera sadar bahwa dirinya sudah bersikap egois dan kurang perhatian kepada Linda. Pat dan Jeff segera naik taksi (oh ya mobil Porsche Pat sempat mendapatkan musibah karena menabrak pohon di awal cerita).

*SPOILER

Sharon mendapati kenyataan pahit bahwa si misterius yang  menggodanya ternyata adalah rekan kerja wanitanya sendiri, dirinya merasa memelas. Tapi temannya tsb, Carol(Rae Dawn Chong), justru iba dan menaruh belas kasihan kepada Sharon. Carol lantas membuat rencana pergi bersama Sharon berdua dengan mobil.

Pat dan Jeff terjebak kemacetan sehingga kesulitan mengejar Linda. Pat lalu keluar dari mobilnya dan mengejar Linda di tengah kemacetan. Keduanya lantas bermaafan dan berbaikan. Tiba tiba Sharon juga muncul karena dan bergabung dengan Pat dan Linda. Tiba tiba seorang pria berlari kencang di samping mereka, pria tersebut lalu menceburkan diri ke sungai.

Pria tersebut langsung meneyelamatkan korban mobil yang terjatuh ke sungai tersebut, dua orang anak dapat diselamatkan, begitu pula dengan ayah mereka. Tapi pria tsb tidak muncul kembali, Pat segera terjun juga dan menyelamatkan pria tersebut. Ternyata pria tsb tak lain adalah Jeff, adiknya sendiri. Sekembalinya di rumah Jeff sekarang sudah mendapatkan arti hidupnya bahwa hidupnya harus bermanfaat bagi umat manusia, contohnya dia segera memperbaiki jendela, seperti yang diminta oleh ibunya di awal cerita.

LIFE LESSONS

–  Sadari tujuan hidupmu sedini mungkin sehingga engkau tidak menyia-nyiakan setiap detik dalam  hidupmu.

DID YOU KNOW?

– Jason Segel itu penyuka Disneyland lho 😀

THE INTERVIEW

 

SIMMILAR MOVIE

 

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Rating_R_Restricted_Remaja 17+ & Dewasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s