The Debt (2010), Hantu Masa Lalu

The Debt DVD.png

MOVIE DETAIL

Director: John Madden. Writers: Matthew Vaughn,  Jane Goldman,Peter Straughan . Stars: Helen Mirren, Sam Worthington, Tom Wilkinson, Ciarán Hinds, Jesper Christensen, Jessica Chastain, Marton Csokas.  Durasi: 113 minutes . Year: 2010.

OSCAR 

Oscar is confirmed dead!

TRAILER

PLOT

Rachel Singer: “My name is Rachel Singer. Please publish what you are about to read. In 1965, I was part of a mission to kidnap Dieter Vogel, The Surgeon of Birkenau, and bring him to Israel to stand trial. We have always claimed that Vogel was killed, trying to escape. But this was a lie. A lie I have lived with for thirty years. And now I understand that I must tell the truth.”

Pada pertengahan tahun 60’an tiga agen terbaik Mossad dikirim untuk tugas negara. Ketiganya masih muda dan bintang di Mossad, adalah Rachel Singer (Jessica Chastain), Stefan Gold(Marton Csokas) dan David Peretz(Sam Worthington). Mereka bertugas untuk menculik seorang dokter bedah dari Jerman bernama Dieter Vogel(Jesper Christensen) ke Israel.

Dieter Vogel sendiri adalah seorang dokter bedah yang terkenal karena perannya dalam kamp konsentrasi Nazi di Polandia. Vogel dulunya adalah dokter yang turut  dalam berbagai percobaan gila pemerintah Jerman yang dilakukan pada kaum Yahudi. Dia dikenal dengan julukan “Ahli bedah dari Birkenau”. Vogel hendak ditangkap dan dibongkar aibnya di kandangnya para Yahudi, Israel.

Rachel, Stefan dan David pergi ke Jerman Timur, tempat dimana kini Vogel tinggal dan berprofesi sebagai dokter kandungan. Rachel dan David memalsukan identitas mereka dan berpura pura untuk menjadi pasangan suami istri. Rachel berusaha untuk mendekatkan diri dengan Vogel dengan menjadi pasien di Kliniknya. Di lain pihak, Stefan mengatur strategi bagaimana menyelendupkan Vogel ke Israel dan rencana meloloskan diri dari penjagaan pasukan Jerman di perbatasan.

Diantara ketiganya, timbulah cinta segitiga. Rachel jatuh hati pada David yang kalem dan pendiam. Sayang cintanya bertepuk sebelah tangan. David yang memiliki masa lalu yang suram karena seluruh keluarganya dibantai di peristiwa Holocaust mengindahkan rasa cintanya kepada Rachel dan lebih berfokus menyelesaikan misi. Sementara Stefan yang terkesan ambisius, justru mendapatkan angin segar dari penolakan halus David dengan mencuri start bercinta dengan Rachel. Rachel pun hamil.

Tibalah hari eksekusi, segalanya berjalan dengan cepat. Rachel membius Vogel di kliniknya dan mengarang cerita bahwa Vogel mendapat serangan jantung. Rachel berhasil mengelabuhi istri sekaligus suster Vogel dan membawa Vogel kepada petugas ambulans. Petugas ambulansnya sendiri adalah Stefan dan David. Ketiganya berhasil membawa Vogel dengan mobil ambulans untuk diselundupkan ke Israel. Namun rencana tinggal rencana ketika usaha mereka gagal karena terjadi kontak senjata dengan tentara Jerman di sekitaran Kantor Pos, tempat dimana mereka akan melintas.

Merasa gagal Stefan segera merancang ide agar usaha mereka tetap dapat berjalan. Namun ketika itu tentara Jerman justru makin intensif memeriksa setiap rumah di kawasan tersebut untuk menemukan Vogel. Dukungan dari pihak pemerintah Amerika gagal didapatkan untuk membawa Vogel. Ketiganya kemudian bergantian menjaga Vogel.

Vogel mendapatkam momentum dengan mencoba melakukan terror psikologis kepada ketiganya. Dengan kerapuhannya Rachel didekati Vogel sehingga Rachel merasa simpati kepada Vogel. David juga berhasil diintimidasi dengan masa lalunya serta dendam pribadinya kepada orang Jerman. Sementara Stefan lebih sulit didekati karena sifat kerasnya. Intimidasi Vogel akhirnya berhasil membuat David kalap dan menyerang Vogel. Stefan mencoba untuk menenangkan David dengan membawanya pergi keluar rumah. Tinggalah Rachel sendirian menjaga Vogel. Vogel lantas berhasil lepas dan melukai Rachel kemudian mengambil langkah seribu.

Dilanda rasa bersalah, frustasi dan malu dan demi nama baik ketiganya, serta institusi Mossad, Stefan, David dan Rachel setuju untuk tutup mulut dengan kegagalan operasi mereka, dan berbohong kepada publik bahwa mereka berhasil mengeksekusi Vogel dan membersihkan jejak jejak kematiannya.

30 tahun kemudian hantu yang sama kembali dan menghantui ketiganya!

LIFE LESSONS
-Always finished what you started!
DID YOU KNOW?
The Debt (8).jpg
Film ini adalah remake film Ha-Hov aka. The Debt yang diproduksi tahun 2007, oleh sutradara Israel Assaf Bernstein.
MY OPINION

Chastain Awesome.png

Satu hal yang harusnya ada dan tiada dari seorang agen spionase. Mereka tidak boleh memiliki perasaan lagi, artinya tidak ada keluarga, masa lalu, teman, pacar, istri suami anak hanya ada satu hal dalam diri mereka dan satu hal saja misi! Mengapa? sebab berbagai hal di luar misi justru membuat seorang agen lemah, vurnerable, memiliki titik lemah mudah dipatahkan dan mudah tersentuh perasaan, mudah terkacaukan konsentrasinya.

Need a relationship? Get a Dog! – Peter Devereaux(The November Man 2014)

Kegagalan David dalam menuntaskan misi yang diimpikannya justru karena kelemahannya sendiri, dia memiliki rasa kasihan kepada Rachel. Membuatnya “menunggu” Rachel hingga mengorbankan tujuan besarnya, misi menculik Vogel. Membuatnya kehilangan kendali saat Vogel “masuk” ke pikirannya dan membuatnya “fucked-up”. Kekuatan terbesar David bisa jadi karena masa lalunya yang suram, namun itu pula yang membuatnya rapuh dan mudah tersentuh secara emosional. Perasaannya telah mengalahkan logikanya untuk kepentingan yang lebih besar, misi negara.

The Debt(2010) adalah remake film Israel berjudul Ha-Hov yang dibuat di tahun 2007. Sudah menjadi tradisi Hollywood jika suatu film yang potensial untuk dibuat versi Hollywoodnya pasti akan mereka buat remakenya. Sayangnya tidak ada banyak hal yang ditawarkan dalam film ini. The Debt(2010) terasa tanggung di banyak hal. Intensitas aksinya kurang menggigit. Juga kisah cinta ketiganya, yang kabarnya kurang diekspos di film versi 2007 masih terasa tanggung di sini. Tidak juga bagaimana dosa masa lalu mereka terungkap dan bagaimana mereka menyelesaikan hutang yang belum lunas di masa lalu terasa terlalu digampangkan.

Dua jam yang dihabiskan terasa sia sia karena memang tidak ada yang spesial, padahal selain diproduseri, naskahnya sendiri sudah dikerjakan oleh orang sekelas Matthew Vaughn (Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998), Snatch.(2000),  Layer Cake (2004), X-Men: First Class (2011) & Kick-Ass(2010),). Tapi apa daya terlalu banyak kelemahan terekspos di film ini, berbanding terbalik dengan penampilan dari Jessica Chastain yang solid dan mudah mendapatkan atensi penonton di film ini. Chastain sungguh berhasil mendapatkan feel seorang spionase sejati disini. Selain itu dari segi akting dramanya dirinya berhasil tampil oke. Ujungnya John Madden yang perlu mendapatkan kritik atas berbagai kelemahan di film ini.

THE INTERVIEW

FILM SERUPA

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Rating_R_Restricted_Remaja 17+ & Dewasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s