John Q.(2002), Apa kau akan mempertaruhkan apapun bagi orang-orang yang kau cintai?

John Q._Meter

MOVIE DETAIL

Director: Nick Cassavetes. Writers: James Kearns. Stars: Denzel Washington, Robert Duvall, Ray Liotta. Durasi: 116 minutes . Year: 2002.

OSCAR 

No Oscars.

TRAILER

Give a father no options and you leave him no choice.

Sebuah drama triller bertema penyanderaan biasanya dibungkus banyak aksi dan tembakan, namun dalam John Q.(2002) anda tidak akan mendapati keduanya. Film ini lebih menekankan pada drama keluarga dan sentilan pada dunia kesehatan, terutama di negeri paman sam. Dimana kesehatan mahal harganya. Dunia kesehatan serta rumah sakit berlomba lomba untuk meraup dollar (sepertinya ini juga terjadi di negeri ini), dan juga sindiran akan media, terutama TV yang mengekspos kejadian tanpa teding aling-aling, serta mengutamakan rating dan pemasukan hak siar (ini juga terjadi di negeri tercinta ini).

Film ini membawa kita mendalami karakter John Q., seorang ayah tunggal yang mendapati anaknya mengalami penyakit serius, sehingga butuh keajaiban baginya untuk kembali normal. Berbekal rasa cintanya yang tidak terbatas pada sang anak dirinya rela mempertaruhkan apapun untuk anaknya.

Ada pepatah mengatakan, apakah yang membuat pria menjadi berbahaya, apakah pria yang tak memiliki apapun? ataukah pria yang takut kehilangan segalanya? saya rasa keduanya ada benarnya. Siapapun ketika dihadapkan pada situasi terjepit, live or die, fly or die, pasti insting untuk bertahan hidupnya akan muncul. Sehingga segala rintangan dan halangan dapat diatasi, yang sulit pada kondisi normal akan menjadi mudah, yang mustahil akan menjadi mungkin. Mungkinkah John Q. mendapat keajaiban untuk kesembuhan putra tercintanya? Ataukah dia akan mendapati kenyataan pahit bahwa uang memang segalanya di dunia ini?

PLOT

John Quincy Archibald(Denzel Washington) aka John Q. benar benar sedang dirundung masalah pelik. Awalnya mobil istrinya terpaksa harus disita pihak bank karena menunggak pembayaran beberapa kali. Selanjutnya, dirinya terpaksa mendapatkan pemotongan jam kerja dari pabriknya. Yang ketiga, ketika dia dan istrinya, Denise Archibald(Kimberly Elise), dengan mata kepala mereka sendiri terpaksa menyaksikan sang anak lelakinya, Michael “Mike” Archibald (Daniel E. Smith) harus pingsan saat bermain baseball.

John Q (4)John Q. dan Denise lantas membawa Mike ke rumah sakit terdekat, RS Hope Memorial. Malang tak dapat ditolak ketika pihak RS Hope Memorial mengabarkan kondisi Mike, yang lebih buruk daripada yang mereka duga. Mike mengalami kelainan jantung sehingga memerlukan operasi transplantasi jantung. Biaya yang diperlukan sekitar 3 Milyar.John dan Denise lantas shock dengan kenyataan ini, mengingat mereka berdua cuma pekerja rendahan. Tapi John Q. sempat merasa optimis karena dirinya berharap asuransi dari tempatnya bekerja dapat menutupi biaya RS Mike.

John Q (3)Malang nian ketika, direktur RS Hope Memorial, Rebecca Payne(Anne Heche), mengatakan bahwa karena John Q. sudah mendapatkan pemotongan jam kerja maka dirinya tidak mendapatkan fasilitas kesehatan kelas satu. Artinya John Q. hanya mendapatkan sekitar 200 jutaan untuk biaya asuransi yang mencover Mike. John Q. dan Denise tidak lantas putus asa, mereka mencoba menggalang dana dan mengadaikan serta menjual apapun yang dapat mereka jual. Bahkan John Q. sempat mendatangi pembawa acara TV dengan harapan dirinya dapat menarik simpati publik dengan keadaannya.

Ketika kondisi Mike makin memburuk, pihak rumah sakit masih terus menagih biaya DP untuk menempatkan Mike pada daftar pasien yang mendapatkan transplantasi jantung. DP yang diminta pihak RS sekitar 800 Juta. John Q. makin terjepit dengan situasi ini dan berharap belas kasihan dari pihak RS, tapi hasilnya nihil.

John QDengan gelap mata akhirnya John Q. melakukan tindakan penuh resiko. John Q. menyandera 11 orang di ruangan Emergency RS tsb. Dia kemudian mendapatkan kontak dari petinggi  kepolisian Lt. Frank Grimes(Robert Duvall). Frank meminta John Q. membatalkan niatannya, karena akan berakhir sangat buruk nantinya. John Q. menolak menyerah dan terus meminta agar Mike dimasukkan daftar penerima transplantasi jantung sebelum jam 17.00. Frank terus berpikir agar mendapatkan solusi terbaik dari situasi ini. Sementara itu munculah kepala polisi Gus Monroe(Ray Liotta), yang meminta agar Frank bertindak tegas melumpuhkan John Q..

John Q (8)Di luar gedung RS Hope Memorial, masyarakat mulai resah dengan aksi John Q.. Awak media juga semakin ramai memberitakan aksi John Q. dalam menyandera para pasien serta orang-orang RS. Sementara itu di dalam ruangan Emergency, para sandera mulai sadar dengan motif John Q. melakukan aksinya. Mereka lalu mulai menaruh simpati kepada John Q..

Gus sudah tidak sabar dengan aksi John Q. segera mengirimkan penembak jitu lewat lubang udara. Ketika mendapatkan posisi yang tepat sang penembak segera menembak John Q.. Namun karena diperingatkan salah seorang sandera tembakan tersebut cuma mengenai badan John Q. dan tidak melumpuhkannya. John Q. segera meringkus sang penembak jitu dan menjadikannya sandera.

John Q (7)Payne sendiri akhirnya tersentuh dengan John Q.. Dirinya akhirnya setuju untuk memasukkan Mike ke daftar penerima transplantasi jantung. John Q. senang dengan hal tersebut. Tapi dia baru sadar bahwa ternyata kondisi Mike sudah memburuk. John Q. lalu meminta Frank untuk membawa Mike dan Denise ke dalam ruangan emergency dengan imbalan dirinya akan menyerahkan sang sandera penembak jitu. Frank setuju dan Mike serta Denise segera dibawa masuk ke ruangan tersebut.

Kondisi Mike sudah sangat parah sehingga operasi harus segera dilakukan, John Q. makin kalap dengan aksinya dan meminta untuk operasi segera dilakukan. Berhubung di dalam ruangan tersebut juga terdapat dokter bedah dia memintanya untuk mengambil jantungnya dan memindahkannya ke Mike. Awalnya dokter tersebut menolak, tapi karena terus dipaksa dirinya setuju. John Q. berniat untuk bunuh diri dengan pistol hingga Jantungnya dapat diambil dan dipindahkan ke Mike, tapi pada saat saat terakhir dirinya terpaksa menggagalkan aksinya ini karena RS mendapatkan jantung dari donor yang mati kecelakaan.

John Q. harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, dirinya diputus bersalah atas aksi penyanderaannya dan dipenjara selama 5 tahun. Tapi mendapati Mike kembali sehat serta istrinya kembali bahagia tidak ada bandingannya.

John Q. Archibald: I AM NOT GOING TO BURY MY SON! MY SON IS GOING TO BURY ME!

LIFE LESSONS

– Kasih orang tua adalah tidak terbatas kepada anaknya, meski kadang mereka bersikap keras, tapi percayalah bahwa itu semua demi kebaikan sang anak. Satu satunya -mungkin- orang yang rela mati -dalam artian sebenarnya- bagi kita adalah orang tua kita.

DID YOU KNOW?

– Dalam naskah aslinya John Q. akhirnya bunuh diri.

THE INTERVIEW

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Sex scene: No. Gay/ Lesbian: No. Violence Scene: Yes. Smoking Scene: Yes. Drugs Scene: No. Alcohol Drinking: No . Profanity: Yes . Gore Scene: Yes.

OVERALL: 21+(dewasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s