The Big Lebowski(1998), Ketika “The Dude” Disibukkan Dengan Karpetnya

DATA FILM

Sutradara: Joel Coen, Ethan Coen . Penulis Naskah: Ethan Coen, Joel Coen . Bintang: Jeff Bridges, John Goodman, Julianne Moore, Steve Buscemi. Durasi: 117 menit . Tahun Rilis: 1998.

PENGHARGAAN OSCAR

– tidak ada.

SOUNTRACK/ OST

THE BIG LEBOWSKI - (9)

“ It takes guys as simple as the Dude and Walter to make a story this complicated… and they’d really rather be bowling.”

JALAN CERITA(PLOT)

Jeffrey Lebowski(Jeff Bridges) adalah seorang pemalas, pengangguran dan penggilan bowling. Dia dikenal dengan nama panggilan “The Dude”. Suatu hari ketika dia sedang pulang dari belanja ke supermarket, tanpa dinyana ada dua orang di dalam rumahnya. Dua orang tersebut selanjutnya menhajar Dude dan meneggelamkan muka Dude ke dalam toilet duduk. Selanjutnya keduanya segera meminta uang atas uang yang dipinjam istri Jeffrey Lebowski kepada Jackie Treehorn.

The Dude masih kebingungan. Belum sempat menjelaskan, salah satu dari orang suruhan tersebut mengencingi karpet Dude. Dude segera menjelaskan bahwa mereka sudah salah orang, karena selain Dude bukanlah seorang Millionaire(dan memang tidak terlihat seperti itu) dia juga belum menikah, jadi bagaimana dia bisa punya istri. Ternyata kedua orang tersebut sudah salah orang. Mereka berdua segera cabut dari rumah Dude.

THE BIG LEBOWSKI - (5)

Tidak terima dengan perlakuan kedua orang suruhan tersebut Dude segera berkonsultasi dengan dua teman main bowlingnya, yaitu si telat mikir Theodore Donald ‘Donny’ Kerabatsos (Steve Buscemi) dan si ex. veteran vietnam yang pemarah dan mudah tersinggung Walter Sobchak(John Goodman). Akhirnya diputuskan bahwa Dude akan meminta ganti rugi kepada Jeffrey Lebowski yang asli.

Akhirnya esoknya bertemulah Dude dengan Jeffrey Lebowski yang asli(David Huddleston). Dengan ditemani oleh asisten dari Jeffrey bernama Brandt(Philip Seymour Hoffman), Dude dipertemukan dengan Jeffrey. Jeffrey sendiri adalah seorang millionaire yang cacat kedua kakinya. Yang sayangnya menolak dengan tegas untuk memberikan ganti rugi atas karpet Dude. Dude tidak patah arang, dengan meninggalkan Jeffrey sendirian yang sedang marah marah di dalam ruangan dia sengaja mengambil salah satu karpet dari kediaman Jeffery sebagai pengganti karpetnya yang dikencingi. Ketika hendak pulang dari kediaman Jeffrey Dude bertemu dengan istri muda Jeffry, bernama Bunny Lebowski(Tara Reid) di kolam renang.

Esok harinya justru Jeffrey yang ganti mengganggu ketentraman Dude, melalui Brandt dia mengabarkan bahwa Bunny sudah diculik. Dengan asumsi bahwa sang penculik adalah sama dengan pria yang mengencingi karpet Dude di awal cerita, Dude diminta untuk memberikan uang tebusan kepada penculiknya dengan imbalan keselamatan Bunny.

Walter Sobchak: I told that Kraut a fuckin’ thousand times, I don’t roll on shabbos!

Ketika berada di rumahnya Dude ternyata dipergoki oleh para penjahat yang kemudian memukulnya pingsan. Dude terpaksa melakukan apa yang diminta oleh Jeffrey. Bersama dengan Walter, Dude menuju tempat pertemuan dengan sang penculik dengan membawa uang sejuta dollar. Tapi Walter ternyata berpikiran lain. Dia membawa celana dalam miliknya yang kotor dan meminta Dude untuk menyerahkan koper berisi celana dalam tersebut saja kepada para penculik.

THE BIG LEBOWSKI - (13)

Hal tersebut berjalan sesuai rencana, Dude dan Walter mendapatkan uangtebusan yang seharusnya untuk menebus Bunny, dan para penculik mendapatkan tas palsu berisi celana dalam kotor milik Walter. Kejadian yang mencengangkan justru terjadi di malam tersebut. Koper yang berisi uang tersebut ditaruh di mobil Dude. Sedang mobil Dude raib malam itu. Ini membuat Dude dkk menjadi pusing tujuh keliling.

Walter Sobchak: Shut the fuck up, Donny.

Ketika sedang melapor kepada polisi Dude mendapatkan pesan telepon dari Maude Lebowski(Julianne Moore) anak dari Jeffrey Lebowski asli. Dia mengatakan bahwa dia menemukan karpet milik Dude. Jadilah Dude kemudian mendatangi Maude, yang ternyata adalah seorang pencinta seni. Di studio seni milik Maude, Dude diberitahu bahwa Bunny sebenarnya adalah seorang aktris porno yang bekerja untuk Jackie Treehorn, yang mana dapat disimpulkan bahwa Bunny sudah merekayasa cerita penculikan dirinya. Uang tebusan yang disiapkan untuk menebus Bunny sendiri oleh Maude dinyatakan bahwa uang itu adalah uang hasil penarikan dana amal oleh sang ayah, Jeffrey.

The Dude: Fuckin’ A.

Mengetahui bahwa uang tebusannya tidak disampaikan kepada penculik, Jeffrey jelas marah besar kepada Dude. Dude pun makin pusing ketika dia mendapatkan kiriman potongan jari kaki yang mirip jari Bunny. Tapi satu hal  yang melegakan adalah hari itu Dude mendapatkan kabar bahwa mobilnya sudah ditemukan oleh Polisi. Malam itu ketika Dude sedang bersantai di bathtubenya datanglah 3 tamu tidak diundang. Mereka mengaku sebagai seorang nihilist(sebuah paham yang tidak mempercayai akan eksistensi akan segala sesuatu). Dengan membawa berang-berang untuk menakut-nakuti Dude yang telanjang di bath tube, mereka meminta Dude untuk memberikan uang tebusannya.

THE BIG LEBOWSKI - (18)

Dude lalu pergi ke studio seni milik Maude, disana dia mengetahui bahwa 3 orang nihilist tersebut adalah orang suruhan Maude. Dude juga tidak lupa untuk mengambil mobilnya yang ada di kepolisian. Nahas mobil tersebut sudah dalam keadaan yang tidak lengkap, karena uang yang berada di dalam mobil tersebut sudah hilang. Berbekal temuan PR yang ada di dalam mobil, Dude dan Walter mendapatkan informasi akan seorang bocah bernama Larry Sellers. Mereka kemudian mendatangi rumah Larry. Sayang, Larry tidak mengetahui apapun, juga tidak memiliki uang tersebut.

Walter Sobchak:  Has the whole world gone crazy? Am I the only one around here who gives a shit about the rules? Mark it zero!

Di malam tersebut kawanan anak buah dari Jackie Treehorn membawa Dude ke kediaman Treehorn di Malibu. Di tempat tersebut Dude ditanya mengenai keberadaan uang tebusan untuk Bunny. Perbincangan mereka diakhiri dengan Dude yang mabuk berat setelah diobati oleh Treehorn. Di dalam mimpinya yang aneh dude memimpikan berbagai hal dan masalah yang menderanya. Dan ketika dia terbangun dia bersyukur akan hal tersebut. Tapi dia tidak bersyukur dengan dimana dia terbangun, karena dia sudah terbangun di kantor polisi.

The Dude: Jesus, man, can you change the station?

Cab Driver: Fuck you man! You don’t like my fucking music, get your own fucking cab!

Para polisi di Malibu tersebut kemudian mengancam Dude untuk tidak kembali lagi ke tempat tersebut. Dude segera pergi dengan taksi. Malang baginya karena dia sempat membuat sopir taksi marah karena Dude minta sang sopir mengganti chanel radio. Akhirnya Dude dibuang di pinggir jalan. Untunglah baginya , dia kemudian bertemu dengan Maude yang kemudian membawanya pulang ke apartemennya.

Walter Sobchak: Fucking dipshit with a nine toed woman.

THE BIG LEBOWSKI - (3)

Selanjutnya keduanya lantas bercinta, meski senang dapat tidur dengan Maude namun Dude sedikit khawatir karena Maude berkeinginan untuk mendapatkan anak dari Dude. Setelah itu Maude mengungkapkan cerita yang sebenarnya. Maude menceritakan bahwa ayahnya bukanlah orang yang kaya raya. Mantan istrinyalah yang membuat Lebowski menjadi kaya. Sang mantan istri memberikan uang yang banyak untuk yayasan. Dan ketika Bunny diculik, Lebowski memberikan tas kosong agar Bunny nantinya dibunuh, sementara Lebowski dapat menyimpan uangnya. Dude akhirnya sadar akan semua rekayasa di balik ini.

Dude dan Walter akhirnya menyambangi kediaman Lebowski untuk menyelesaikan perkara ini. Meski terjadi debat sengit tapi akhirnya permasalahan dapat diselesaikan. Kembali ke tempat bowling, ketika Dude dkk akan pulang mereka mendapati mobil Dude sudah disulut api. Yang pelakunya ternyata adalah para nihilist. Sempat bersitegang perihal uang tebusan, para nihilist akhirnya sepakat untuk meminta seluruh uang yang ada di kantong Dude, Walter dan Doni. Walter menolak, terjadilah perkelahian kecil. Walter berhasil menggigit putus kuping salah satu nihilist, juga melemparkan bola bowling ke arah salah satu mereka dan menghajar yang lainnya. Para nihilist akhirnya kabur.

Sayang seribu sayang Doni sekarat karena serangan jantung. Doni kemudian meninggal di tempat karenanya. Dude dan Walter kemudian membuang abu jenazah Doni ke lautan lepas lewat tebing. Setelah selesai mereka kembali bermain  bowling.

 “Fuck it, Dude. Let’s go bowling.”

(Walter)

THE BIG LEBOWSKI - (8)

Di akhir cerita, si orang asing yang berada di tempat bowling memberi tanda bahwa mungkin Maude sudah mengandung anak dari Dude.

THE BIG LEBOWSKI - (1)

THE BIG LEBOWSKI - (16)

THE BIG LEBOWSKI - (15)         THE BIG LEBOWSKI - (10)

THE BIG LEBOWSKI - (2)THE BIG LEBOWSKI - (11)

THE BIG LEBOWSKI - (7)THE BIG LEBOWSKI - (14)   THE BIG LEBOWSKI - (17)  The Big Lebowski

THE BIG LEBOWSKI - (4)

THE BIG LEBOWSKI - (12)

TOP QUOTES

The Dude: …..That rug really tied the room together.

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Jika kita mengkiaskan bahwa kita adalah Dude, bisa dikatakan bahwa apa yang terjadi di dalam hidup kita sebenarnya, bisa jadi, adalah sebuah skenario besar yang mungkin punya tujuan besar di dalamnya, so stay focus and don’t worry.

TAHUKAH KAMU?

– Trio penyuka bowling terdiri dari Dude, Walter dan Donny. Dari ketiganya, hanya Dude yang tidak pernah sekalipun terlihat bermain bowling di film ini.

– Film ini adalah film yang cukup banyak mengumbar kata “Fuck” dan turunannya, berdasar info dari wikipedia terhitung ada 260 x kata Fuck digunakan. Jadi jauhkan dari anak anak anda ya. Untuk mengetahui film lain yang mengumbar kata kata tersebut lihat list ini.

– Aktris cantik Charlize Theron disebut sebut dulunya dipertimbangkan untuk memerankan karakter Bunny di film ini.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, ada adegan wanita bugil. Homoseksualitas/ Lesbian: YA, ada tokoh lelaki bergaya perempuan . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA. Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan:YA . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA, intens. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 25+(sangat dewasa)

KESIMPULAN:

– Jika anda sudan familiar dengan film milik Coen bersaudara tentunya tidaklah aneh melihat film ini. Ciri khas mereka tetap terlihat jelas di film ini, karakter unik nan aneh, jalan cerita yang bersimpul simpul serta keunikan keunikan lainnya. Film ini sendiri harus dinikmati dengan konsentrasi yang tinggi, sebab jika tidak maka anda akan ketinggalan banyak informasi kunci dan penting, jadi siapkan diri anda 100% sebelumnya jika ingin menonton film ini. Saya sendiri bisa katakan bahwa ini adalah salah satu film terbaik dari Coen bersaudara(meski beberapa content cukup vulgar untuk masyarakat Indonesia)!

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s