True Grit(2010), Girl, Guns, Graves

DATA FILM

Sutradara: Ethan Coen, Joel Coen . Penulis Naskah:Ethan Coen, Joel Coen, Charles Portis(Novel) . Bintang: Jeff Bridges, Matt Damon, Hailee Steinfeld, Josh Brolin, Robert Duvall . Durasi: 110 menit . Tahun Rilis: 2010.

PENGHARGAAN OSCAR

– Dinominasikan dalam 10 nominasi oscar: Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Leading Role, Best Performance by an Actress in a Supporting Role, Best Achievement in Directing, Best Writing, Adapted Screenplay,Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Costume Design, Best Achievement in Sound Mixing, Best Achievement in Sound Editing, Best Achievement in Art Direction.

TRUE GRIT - (3)

“Punishment comes one way or another“

JALAN CERITA(PLOT)

Berlatar di Amerika di tahun 1800 an, Mattie Ross(Hailee Steinfeld), gadis berumur 14 tahun yang baru saja menjadi yatim karena ditinggal mati ayahnya yang dibunuh secara kejam, dan dirampas uang 150$, berikut 2 keping koin emas kalifornia dan kudanya oleh Tom Chaney(Josh Brolin). Dengan maksud untuk menjemput jenazah sang ayah, Mattie juga bertujuan untuk mencari dan menyewa seseorang untuk membalas dendamnya.

Mattie Ross: You must pay for everything in this world, one way and another. There is nothing free except the grace of God.

Mattie yang cerdas dan berkemauan keras segera mendapatkan rekomendasi dari sherif di daerah itu, Yell County, Arkansas untuk menyewa salah satu dari tiga orang yang direkomendasikan. Pilihan Mattie jatuh kepada Reuben J. “Rooster” Cogburn(Jeff Bridges), yang walaupun dia adalah seorang deputy U.S. Marshal yang pemalas dan bermata sebelah, tapi dia dikenal sebagai seorang yang “true grit”(seorang yang berkehendak keras, loyal pada tujuannya dan berani menegakkan kebenaran dengan taruhan apapun, dan orang yang berani “stand out in a crowd” dalam memegang teguh prinsipnya).

Awalnya Cogburn masih tidak mau menerima tawaran dari Mattie, tapi karena Mattie terus menerus menekannya untuk menerima tawaran tersebut, Cogburn akhirnya setuju dengan bayaran total 100$ yang dibayarkan setengahnya di awal misi. Keduanya kemudian sepakat untuk keesokan harinya pergi memburu Tom Chaney.

Rooster Cogburn: You go for a man hard enough and fast enough, he don’t have time to think about how many’s with him; he thinks about himself, and how he might get clear of that wrath that’s about to set down on him

Perjuangan Mattie tidaklah mudah karena Tom Chaney saat ini sudah bergabung dengan komplotan geng kriminal yang digawangi “Lucky” Ned Pepper(Barry Pepper) dan melarikan diri ke daerah para indian. Sebagai modal untuk menyewa Rooster, Mattie harus mendapatkan uang secara cepat. Dia memutuskan untuk menjual kuda-kudanya kepada Colonel Stonehill(Dakin Matthews), seorang teman bisnis almarhum ayahnya.

Kejahatan Tom Chaney ternyata lebih dari dugaan sebelumya. Karena sebelum membunuh ayah Mattie, Tom ternyata sudah melakukan pembunuhan kepada senator di Texas. Hal ini mengakibatkan salah satu Texas Ranger bernama  LeBoeuf(Matt Damon) mengejarnya. LeBoeuf mengajak Mattie dan Cogburn untuk bekerja sama menangkap Tom Chaney. Dengan hal tersebut  LeBoeuf bertujuan untuk menegakkan hukum di Texas dan mengadili Tom di sana. Mattie tidak sepakat dengan hal ini, dia berkeinginan untuk menangkap Tom bersama Cogburn saja dan menggantungnya di daerah dimana dia menghabisi nyawa sang ayah yaitu di Arkansas.

Esok harinya ternyata Cogburn dan Leboeuf sudah pergi terlebih dahulu meninggalkan Mattie. Mattie mengejar keduanya dengan kudanya. Dirinya terpaksa menyeberangi sungai dengan kudanya untuk menyusul Cogburn dan LeBoeuf.

Ketiganya akhirnya melanjutkan perjalanan untuk menemukan Tom Chaney. Hingga suatu waktu Cogburn dan LeBoeuf mengalami sedikit percekcokan sehingga membulatkan tekad LeBoeuf untuk meninggalkan rombongan tersebut. Tinggallah Mattie dan Cogburn berburu Tom Chaney berdua.

Di tengah perjalanan Cogburn dan Mattie bertemu dengan seorang dokter yang berpakaian kulit beruang. Dari dokter tersebut Mattie dan Cogburn mendapatkan informasi dimana mereka dapat singgah dan menghangatkan diri. Sampailah Cogburn dan Mattie di sebuah shelter. Ternyata di dalam shelter tersebut sudah ada dua orang yang menempatinya. Keduanya adalah buronan pula.

Cogburn mengiterogasi kedua buronan tersebut, yang akhirnya diketahui bernama Moon alias The Kid(Domhnall Gleeson) dan Quincy(Paul Rae). Segalanya menjadi sedikit panas karena Moon memberitahukan informasi yang penting kepada Cogburn, Moon yang tidak terima Moon terus mengoceh segera memotong jari Moon dan menusuknya dengan pisau. Cogburn yang kesulitan mengendalikan suasana segera menembak mati Quincy.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Moon sempat memberikan informasi berharga bagi Cogburn bahwa geng Pepper akan kembali ke shelter tersebut malam ini. Cogburn segera bersiap menginggalkan shelter tersebut dan sembunyi di belakang bukit kecil. Cogburn juga bersiap dengan shotgunnya untuk menghabisi nyawa Ned Pepper.

Tak dinyana ternyata justru LeBoeuf lah yang datang ke tempat tersebut, belum sempat Cogburn memperingatkan LeBoeuf untuk menyingkir, Ned Pepper dan komplotannya datang secara tiba tiba. Mereka segera mengikat LeBoeuf di kuda mereka dan menyiksanya. Cogburn tidak tinggal diam. Dia segera menembak mati beberapa anggota geng Pepper. Sayang kali ini Pepper sendiri berhasil kabur.

Kejadian malam tersebut mempertemukan mereka bertiga kembali. Cogburn yang merasa sudah melewati hari yang berat segera menghabiskan waktu untuk mabuk. Sementara itu keesokan harinya, mengetahui bahwa Cogburn sudah mabuk dan kesulitan untuk konsentrasi dengan tujuan awalnya untuk menangkap Tom Chaney membuat LeBoeuf menginggalkan Cogburn dengan Mattie berdua.

Ketika Mattie hendak mendapatkan air di sungai, tanpa sengaja dia bertemu dengan Tom Chaney yang juga ingin mengambil air di sungai. Tanpa banyak omongan Mattie segera menodongkan senjata kepada Tom. Menganggap bahwa Mattie hanya besar mulut Tom seakan meremehkan Mattie. Tapi Mattie segera membuktikan bahwa dia tidak bercanda dia segera menembak Tom Chaney. Tom Chaney masih hidup dengan luka tersebut. Sementara itu anggota geng lainnya yang memergoki Mattie segera menangkap Mattie.

Lucky Ned Pepper:  They will do it. It will embarrass you every time. Most girls like to play pretties, but you like guns do you?

Cogburn tidak mampu berbuat banyak ketika Ned mengancam dia akan membunuh Mattie jika Cogburn mencoba untuk berbuat macam macam. Ned segera meninggalkan Tom Chaney yang terluka dengan Mattie. Tom diminta untuk tidak melukai Mattie sedikitpun atau dia dijanjikan tidak akan mendapatkan bagian uangnya.

Tom Chaney yang sudah ketus segera mencoba untuk menghabisi Mattie ketika Ned dan komplotannya pergi. Beruntung LeBouef datang dan memukul Tom Chaney. Selamatlah nyawa Mattie kali ini. Mereka berdua segera menjadi saksi Cogburn yang menghampiri Ned dkk untuk menghabisi mereka. Cogburn berhasil membunuh anak buah Ned dengan pertempuran di atas kuda masing masing. Sedangkan Ned sendiri terluka terkena tembakan. Kuda Cogburn sempat tertembak, mengakibatkan dirinya terjatuh dan terjepit di bawah kudanya. Ned Pepper segera menghampirinya untuk menghabisi nyawa Cogburn.

Tiba tiba letusan tembakan terdengar, LeBouef melepaskan tembakan untuk menghabisi nyawa Ned. Ned terkapar jatuh. Sementara itu Tom Chaney yang ternyata masih hidup tiba tiba memukul LeBouef. Belum sempat berbuat banyak dia segera ditembak oleh Mattie hingga tewas di tempat.

Tanpa tersadar Mattie kemudian terperosok ke dalam lubang, namun akar pohon membuatnya tidak terjatuh lebih dalam. Hal yang mengejutkan terjadi karena ternyata di dalam lubang tersebut ada mayat seorang pria. Mattie pun ketakutan, apalagi setelah tahu bahwa dia tidak sendirian di dalam lubang tersebut karena ada seekor ular berbisa. Mattie mencoba untuk tetap tenang tapi ular tersebut makin mendekat. Kemudian ular tersebut segera menggigit tangan Mattie, beruntung kemudian Cogburn turun ke kedalaman lubang untuk menolong Mattie.

Cogburn segera membuka luka Mattie dengan menggunakan belatinya, untuk kemudian menyedot bisa ular sebisanya. Dengan dibantu ditarik kuda oleh LeBouef mereka akhirnya bisa keluar dari lubang tersebut. Cogburn segera menempuh perjalanan nun jauh dan melelahkan siang dan malam untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya bagi Mattie.

Kuda Cogburn sendiri harus direlakan karena kecapaian sehingga terpaksa ditembak mati. Cogburn yang memang berkomitmen pada tugasnya terus berlari hingga pada akhirnya Mattie mendapatkan pertolongan.

Cerita berlalu begitu saja hingga Mattie berusia 40 tahun(diperankan oleh Elizabeth Marvel). Hingga saat itu dirinya tidak pernah lagi mendengar kabar ataupun bertemu dengan Cogburn dan LeBeouf. Kecelakaan karena digigit ular tersebut membuat tangannya harus diamputasi. Dia kemudian menyadari bahwa Cogburn sempat menungguinya hingga dia dipastikan keadaannya stabil di malam itu. Merasa berutang budi Mattie kemudian berusaha untuk mencari kabar Cogburn. Dia kemudian mendapatkan undangan untuk bertemu dengan Cogburn di show bernama Wild West Show. Selain untuk melepas rindu kepada Cogburn Mattie juga ingin menuntaskan bisnisnya dengan Cogburn karena dulu dia belum sempat memberikan 50$ untuk pelunasan pembayarannya kepada Cogburn.

Sayang seribu sayang ternyata nasib berkata lain. Cogburn ternyata sudah meninggal 3 hari sebelumnya. Mattie bersikeras untuk memindahkan kuburan Cogburn ke  pemakaman keluarganya. Di sana kemudian Mattie merenung dan memikirkan akan keputusannya untuk memindahkan kuburan Cogburn itu, begitu pula mengapa dia tidak menikah hingga kini.

TRUE GRIT - (22)

TRUE GRIT - (2)TRUE GRIT - (31) TRUE GRIT - (4)TRUE GRIT - (5)TRUE GRIT - (6)TRUE GRIT - (7)?????????TRUE GRIT - (9)TRUE GRIT - (10)TRUE GRIT - (11)TRUE GRIT - (12)  TRUE GRIT - (15)TRUE GRIT - (16)TRUE GRIT - (17)TRUE GRIT - (18)  TRUE GRIT - (20)

TRUE GRIT - (21) TRUE GRIT - (21)  TRUE GRIT - (22) TRUE GRIT - (23) TRUE GRIT - (23) TRUE GRIT - (24) TRUE GRIT - (24)  TRUE GRIT - (26)  TRUE GRIT TRUE GRIT - (29) TRUE GRIT - (30)  TRUE GRIT - (32)TRUE GRIT - (25)

TRUE GRIT - (1)

TOP QUOTES

 Proverbs 28:1: “The wicked flee when none pursueth”

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Pentingnya memiliki kekerasan hati untuk memperjuangkan hidup dan cita-cita yang dimiliki. Karena dengan sikap seperti itulah, segala rintangan dan halangan dapat dilewati.

– Pentingnya untuk menjadi orang yang mampu memegang teguh komitmen kepada orang lain. Sehingga orang lain akan tidak akan berpikir dua kali untuk menaruh kepercayaan kepada kita.

TAHUKAH KAMU?

– Film yang sama diputar di tahun 1969 arahan  Henry Hathaway dengan bintang John Wayne sebagai Rooster Cogburn (film yang mengantarkan Wayne”The Duke” meraih piala oscar untuk actor terbaik untuk pemeran utama). Gambar di bawah ini adalah Rooster Cogburn 2 versi:

TRUE GRIT - (13)

– film ini diangkat dari novel karya Charles Portis berjudul sama.

TRUE GRIT - (27)

– film ini adalah film Coen bersaudara yang paling sukses sementara ini. Dengan pendapatan yang sangat besar di box office serta kesuksesannya meraih 10 nominasi oscar.

– film ini adalah kerjasama kedua dari Coen bersaudara dengan Jeff Bridges, proyek pertama mereka adalah The Big Lebowski di tahun 1998.

– Scene dimana Mattie bertemu pertama kali dengan Cogburn, yaitu di toilet adalah murni ide dari Coen bersaudara. Cukup aneh memang. Tapi begitulah gaya Coen bersaudara ketika menggarap sebuah film kan?

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: TIDAK. Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 15+(Remaja & Dewasa)

KESIMPULAN:

– The Big Lebowsi, Fargo, No Country for Old Men; hmm saya sudah melahap ketiga film tersebut. Dan jika saya membandingkan dengan gaya penceritaan Coen Bersaudara di kedua film tersebut, film ini lebih mudah dicerna, lebih bersih dalam penggunaan kata kata kasar dan content “berbahaya” khas mereka, meski penggunaan bahasa yang jadul di film ini agak sedikit menyulitkan. Overall, film ini bagus dan Coen bersaudara juga telah sekali lagi menunjukkan kepada dunia bahwa mereka pantas menjadi sutradara papan atas Hollywood. Jadi tidak sabar dengan proyek mereka selanjutnya, Inside Llewyn Davis.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

7.5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s