Mystic River(2003), Misteri Kematian Seorang Anak Perempuan Yang Mempertemukan Kembali 3 Pria Dengan Masa Lalu Yang Suram.

DATA FILM

Sutradara: Clint Eastwood . Penulis Naskah: Brian Helgeland(Cerita) &  Dennis Lehane(Novel) . Bintang: Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon. Durasi: 138 menit . Tahun Rilis: 2003.

PENGHARGAAN OSCAR

2 Piala Oscar:

– Best Actor in a Leading Role untuk Sean Penn.

– Best Actor in a Supporting Role untuk Tim Robbins

JALAN CERITA(PLOT)

MYSTIC RIVER - (15)

” The river has many depths. Let it wash over you..”

Di Tahun 1975, Tiga sekawan anak kecil, Jimmy Markum(Sean Penn), Dave Boyle(Tim Robbins) dan Sean Devine(Kevin Bacon) sedang bermain hoki di jalanan kota Boston, US, hingga datanglah ide nakal mereka untuk menuliskan nama mereka masing-masing di cor-coran semen/ beton yang masih basah di pinggir jalan.

Hal ini dipergoki oleh seorang pria yang berpakaian layaknya polisi. Tentu saja mereka dimarahi habis-habisan. Tidak begitu saja, pria tersebut bersama partnernya membawa Dave ke dalam mobil dengan dalih untuk membawanya menemui orangtuanya, maklumlah dari ketiganya hanya Dave yang tidak tinggal di daerah tersebut. Tinggalah Jimmy dan Sean di tempat tersebut.

Hal yang tidak mereka sangka-sangka terjadi. Dave menghilang selama 4 hari. Akhirnya setelah dilakukan pencarian dan investigasi, di hari ke empat Dave ditemukan. Namun tidak dalam keadaan yang menyenangkan. Sebab selama 4 hari tersebut Dave disekap dan dilecehkan secara seksual oleh para pria yang membawanya, dengan demikian disimpulkan bahwa pria tersebut bukan lah polisi.

Mulai hari itu pertemanan ketiganya menjadi longgar dan mereka meniti kisah hidup mereka masing-masing.

Jimmy yang ketika dewasa adalah seorang kriminal kini sudah memiliki anak perempuan yang cantik berumur 19 tahun bernama Katie(Emmy Rossum). Jimmy dan keluarganya tinggal dengan bahagia sekarang. Jimmy sendiri sekarang memiliki usaha minimarket yang menjual minuman keras.

Jimmy Markum: And it’s really starting to piss me off, Dave! She’s my own little daughter, and I can’t even cry for her!

Dave Boyle: Jimmy, you’re crying now.

Sementara itu Sean, sekarang menjadi seorang polisi investigator di Massachusetts State Police yang bertugas di bagian penelusuran kejahatan dan pembunuhan. Di samping itu Dave yang di masa kecilnya mengalami trauma berat akibat peristiwa tadi sekarang sudah menikah, memiliki anak laki-laki dan dirinya bekerja sebagai buruh kasar.

Keadaan ketiganya sekarang terpisah, namun suatu kejadian di suatu malam sontak menyatukan kembali kisah ketiga pria ini. Katie dinyatakan hilang di malam tersebut. Pencarian melibatkan Sean dan rekan kerjanya Whitey Powers(Laurence Fishburne). Setelah mencari beberapa lama, ditemukanlah jasad Katie di tengah taman. Langsung saja Jimmy dan keluarganya tersengat dengan hal ini.

Jimmy Markum: I know in my soul I contributed to your death.

Sean dan Whitey bekerja keras untuk mengungkap kasus ini dan menangkap pelaku pembunuhan ini. Sementara itu Jimmy yang tidak terlalu percaya kepada kepolisian (sebab dia adalah mantan kriminal yang pernah dipenjara), memilih untuk menggunakan koneksinya untuk mengungkap hal ini.

Di malam yang sama dengan hilangnya Katie, Dave pulang ke rumah dari bekerja dengan keadaan yang sempoyongan. Dibantu Celeste, istrinya Dave yang terluka di bagian perut merawat luka Dave. Dave menyatakan bahwa dia baru saja berkelahi dengan seorang perampok di jalanan. Dave kemudian menang dan membenturkan kepala si perampok ke beton. Dave menyatakan bahwa kemungkinan perampok tersebut mati karenanya.

Dave: So, I’m walking to my car, and this guy comes up to me and he asks for a light. I say I don’t smoke. He says neither does he. So, my heart starts clocking a buck fifty, ’cause there’s no one around but me and him.

Penyelidikan Sean dan Whitey tentu saja mengarah kepada Dave, terlebih ketika Dave berusaha berbohong atas luka yang didapatnya di tangannya, serta tingkah anehnya yang sering muncul ketika dihadapkan pada kasus pembunuhan Katie ini.

Penyelidikan dari Jimmy membuahkan hasil, diambil kesimpulan bahwa pistol yang digunakan pelaku untuk menghabisi Katie adalah sama dengan pistol yang dipakai “Just Ray” Harris, ayah dari Brendan Harris, pacar dari Katie sekaligus mantan rekan dan musuh Jimmy dulu. Pistol tersebut diindentifikasi sama dengan pistol yang dipakai untuk perampokan di toko minuman keras di tahun 1980.

Jimmy: Sean! Is that my daughter in there? Is that my daughter in there? No! No! No! No, aagggh, no! No! Oh, God! Oh, God! No!

Karena “Just Ray” Haris sendiri sudah menghilang sejak tahun 1989, kecurigaan dari Jimmy mengarah kepada sang anak, Brendan. Terutama ketika mengetahui bahwa Brendan dan Katie ternyata melakukan hubungan tersembunyi dan berencana untuk pergi kabur ke Las Vegas di hari Katie menghilang. Hal yang menjadi misteri lainnya adalah bahwa Brendan dan keluarganya masih sering menerima kiriman uang sebanyak 500$ setiap bulannya, yang diduga dikirim oleh “Just Ray” Harris.

Suatu malam Jimmy mengatur rencana agar anak buahnya mengajak Dave untuk sedikit bersenang-senang di bar. Di sana Dave dibuat mabuk oleh teman-teman dari Jimmy. Jimmy akhirnya muncul. Jimmy membuat pernyataan bahwa di tempat yang sama dia telah menghabisi nyawa dari “Just Ray” Harris, temannya sewaktu muda dalam melakukan kejahatan. Jimmy membunuh “Just Ray” Harris karena dia telah berkhianat kepada dirinya dengan menjebloskan Jimmy masuk ke penjara.

Di sana Jimmy juga menyatakan bahwa istri dari Dave sudah memberikan pernyataan kepada Jimmy, bahwa pada malam Katie menghilang, Dave pulang dalam keadaan berdarah dan dengan tidak ditemukannya berita bahwa ada perampok yang mati di koran keesokhariannya. Jimmy menyimpulkan bahwa Dave tidak lain adalah pembunuh dari Katie.

Dave tentu saja, yang masih dalam keadaan mabuk, menolak untuk dipersalahkan. Dave mengatakan bahwa di malam itu, dia memang bertemu dengan Katie di bar. Kemudian dia pulang, namu di tengah perjalanan dia memergoki seorang pria sedang melakukan pelecehan seksual kepada seorang anak. Dave segera menghajar pria tersebut hingga mati. Kemudian Dave pulang. Hal yang menjadikan Dave bertingkah aneh adalah karena kejadian tersebut, seolah membuka ingatan lama akan kisah kelam dirinya di masa kecil.

Jimmy tidak percaya dengan sangkalan dari Dave ini. Dia segera menghabisi Dave dan menenggelamkannya ke dalam Mystic River. Tempat yang sama di mana Jimmy menghabisi “Just Ray” Harris yang berkhianat kepadanya.

Brendan yang mengetahui bahwa tuduhan mengarah kepada dirinya segera kembali ke rumah. Dia segera mencoba mengambil pistol ayahnya yang disimpan rapi di atas loteng rumahnya. Sayang, ternyata pistol tersebut sudah lenyap. Brendan kemudian yakin bahwa orang lain yang mengetahui perihal pistol tersebut hanyalah adiknya yang bisu, Ray Jr(Spencer Treat Clark) dan temannya John O’Shea(Andrew Mackin).

Jimmy: We bury our sins here, Dave. We wash them clean.

Brendan menghajar Ray Jr. dan John, keadaan makin kacau karena dalam perkelahian itu si John menampakkan pistol ayah Brendan. John kemudian mengancam untuk menembak Brendan. Untunglah disaat yang bersamaan datanglah Sean dan Whitey. Sean segera merebut pistol tersebut dan meringkus mereka semua.

Esok harinya, Sean datang menemui sahabat kecilnya Jimmy. Sean mengatakan bahwa dirinya sudah meringkus pembunuh Katie sesungguhnya. Kisah sebenarnya adalah Ray Jr. dan John ketika itu sedang bermain main dengan pistol ayah Ray Jr. hingga datanglah mobil yang ditunggangi Katie. Awalnya ingin sedikit menakut-nakuti Katie dengan pistol tersebut, tapi pistol malah meletus secara tidak sengaja. Katie segera berlari menyelamatkan diri ke taman. Dengan dalih agar Katie tidak buka suara, Ray jr. dan John mengejar Katie, kemudian menghajarnya dengan stik hoki dan menembaknya sekali lagi agar mati.

Jimmy menerima hal tersebut dengan pasrah. Dia mengatakan bahwa Sean mungkin “sedikit” terlambat memberi tahu hal ini. Kemudian Sean menanyakan dimana Dave, karena dia tidak terlihat lagi. Sean ingin menanyainya perihal pria yang mati karena menganiaya dan melecehkan seorang anak kecil. Jimmy pura pura tidak tahu menahu. Tapi Sean langsung mengatakan apakah Jimmy juga ingin mengirimkan 500$ juga kepada Celeste Boyle, ini menandakan bahwa Sean sebenarnya mengetahui bahwa Jimmy adalah pembunuh dari “Just Ray” Harris dan pembunuh Dave juga.

Sean Devine: You gonna send Celeste Boyle 500 a month too?

Hal ini berujung pada kehidupan pribadi dari Sean sendiri, dengan hal ini dia dan istrinya, dan sekarang anak perempuan mereka Nora kembali berkumpul bahagia. Sementara itu Jimmy kembali bersama dengan Annabeth Markum(Laura Linney), kepadanya dia mengaku bahwa dialah pelaku dari pembunuhan-pembunuhan yang sudah terjadi kepada “Just Ray” Harris dan Dave. Annabeth menerima hal ini dan menganggap bahwa Jimmy adalah bagaikan raja baginya, dia menerima Jimmy apa adanya.

Annabeth Markum: Because it’s like I told the girls. Their daddy is a king. And a king knows what to do and does it.

Di akhir cerita Celeste, Jimmy dan Sean sama sama sedang menoton parade di jalanan kota itu. Ketika itu Sean membuat gestur menembak kepada Jimmy, seolah menyatakan bahwa dirinya selalu mengawasi apa yang Jimmy lakukan.

MYSTIC RIVER - (2)  MYSTIC RIVER - (4)

MYSTIC RIVER - (6)

MYSTIC RIVER - (3)MYSTIC RIVER - (5)  MYSTIC RIVER - (7) MYSTIC RIVER - (8) MYSTIC RIVER - (9) MYSTIC RIVER - (10) MYSTIC RIVER - (11)

MYSTIC RIVER - (13)

MYSTIC RIVER - (14)MYSTIC RIVER - (12)

TOP QUOTES

Sean Devine: Sometimes I think, I think all three of us got in that car…

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Setiap ayah pasti sangat mencintai anaknya, terutama jika anaknya tersebut adalah perempuan, pasti akan dibelanya mati matian.

– Kita tidak boleh terjebak di masa lalu, meski masa lalu kita kelam dan suram, kita harus memandang ke depan dan membuka lembaran baru.

TAHUKAH KAMU?

– Di novel milik Dennis Lehane, karakter Jimmy bernama lengkap Jimmy Marcus, tapi di film ini dirubah menjadi Jimmy Markum.

– Totalitas seorang Kevin Bacon untuk peran ini cukup bagus, sebab dia memang berusaha tampil sebaik mungkin. Bahkan untuk mendalami karakternya di film ini dia menyempatkan diri untuk benar benar bekerja di Massachusetts State Police.

– Elie Wallach, tahu dong siapa dia. Dia adalah sahabat sekaligus teman dari Clint Eastwood. Bermula dari bermain bersama di film The Good, the Bad and the Ugly di tahun 1966 garapan Sergio Leone. Dia ikut jadi cameo lho di film ini, sebagai pemilik toko minuman alkohol.

eli-wallach mystic river eli-wallach

– gambar sebelah kanan adalah Eli di film  The Good, the Bad and the Ugly.

– gambar sebelah kiri (pria tua di tengah) adalah Eli di film ini.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA. Homoseksualitas/ Lesbian: YA . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA. Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 25+(sangat dewasa)

KESIMPULAN:

– film kedua dari novel milik Dennis Lehane yang saya tonton setelah “Shutter Island”, yang berarti tinggal 1 film lagi yaitu film “Gone Baby Gone” arahan Ben Affleck.

– Ok sekarang menuju ke kesimpulan, tentu saja karena ini film diangkat dari novel jalan ceritanya sendiri sudah ok. Penampilan dari Sean Penn dan Tim Robbins benar benar luar biasa. Saya paling menyukai adegan dimana Sean Penn menginterogasi Tim Robbins di pinggir Mystic River untuk kemudian menembaknya mati. Sedangkan untuk Tim Robbins saya menyukainya sepanjang film, karena dia sungguh jago memerankan pria yang mengalami tekanan psikologis yang besar karena mengalami tragedi di masa kecilnya. Pantas jika keduanya mendapatkan oscar untuk peran mereka di film ini. Sedangkan untuk sang sutradara, Clint Eastwood, dengan film ini makin melambungkan namanya di jajaran sutradara kelas kawakan hollywood. Bahkan kedepannya masih banyak film yang akan dia garap setelah film ini, seperti: Million Dollar Baby , Letters from Iwo Jima , Changeling , Gran Torino , Invictus dan J. Edgar . Salut Buat Clint!

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s