Gran Torino (2008), Bukti Clint Eastwood yang Masih Luar Biasa di Usia Senja

DATA FILM

Sutradara: Clint Eastwood . Penulis Naskah:Nick Schenk , Dave Johannson & Nick Schenk(Cerita) . Bintang: Clint Eastwood, Bee Vang, Christopher Carley. Durasi: 116 menit . Tahun Rilis: 2008.

PENGHARGAAN OSCAR

–  tidak ada.

GRAND TORINO - 1 (1)

JALAN CERITA(PLOT)

Walt Kowalski(Clint Eastwood) baru saja ditinggal mati oleh istri tercintanya, Dorothy. Seorang mantan pejuang perang Korean, serta mantan pekerja di Ford ini sekarang hidup sendirian di rumahnya yang besar. Hidupnya sekarang hanya ditemani anjing piaraannya yang setia bernama Daisy. Sedangkan hubungan dengan kedua anaknya yang sudah berkeluarga terasa hambar. Sebab Walt adalah tipe lelaki tua yang hidup di masa lalu.Dia menolak segala kebudayaan baru yang ada di sekitarnya. Termasuk kepada anak anak dan cucu cucunya.

Youa: You’re funny.

Walt Kowalski: I’ve been called a lot of things, but never funny

Di sebelah rumahnya datanglah keluarga baru, keluarga keturunan Hmong( Hmong adalah para warga asia di sekitaran Thailand, China Selatan, Myanmar yang pada dahulu kala adalah sekutu dari Amerika Serikat. Karena Amerika serikat kalah dalam perang melawan Vietnam, maka banyak warga Hmong yang terpaksa ikut ke Amerika untuk menghindari pengusiran di negara asalnya), Asia. Mereka memiliki dua orang anak, yaitu anak perempuan bernama Sue(Ahney Her), dan adik laki lakinya yang pekerjaannya mengurus taman dan mencuci piring bernama Tao(Bee Vang). Walt yang memiliki sifat keras kepala dan tegas tidak suka dengan kedatangan tetangga baru ini.

Walt Kowalski: I confess that I have no desire to confess.

Sementara itu seorang pastur bernama Janovich(Christopher Carley) berjanji kepada Dorothy sebelum matinya, bahwa dia akan membuat sang suami untuk melakukan pengakuan dosa di gereja. Janovich kesulitan untuk mendekati dan membujuk Walt untuk melakukan hal ini. Meski sulit dia tidak pernah berputus asa untuk memenuhi janjinya kepada Dorothy. Termasuk jika harus berdebat dengan Walt yang keras kepala.

Tao adalah tipe anak asia yang penurut kepada orang tua dan sederhana, hal ini menjadikan dirinya sering menjadi obyek bully dari kawanan anak anak kulit putih disana. Suatu hari ketika sedang berjalan pulang dia diejek sekawanan anak anak kulit putih. Beruntung dia kemudian diselamatkan oleh kawanan geng anak asia juga yang dipimpin oleh sepupunya yang berjulukan “Spider”. Akhirnya Tao bersedia untuk ikut dalam petualangan geng tersebut.

Duke: What you lookin’ at old man?

Walt Kowalski: Ever notice how you come across somebody once in a while you shouldn’t have fucked with? That’s me.

Tao dan kawanan geng mengetahui bahwa si tetangga tua, Walt memiliki mobil antik, Grand Torino tahun 1972. Tao ditugaskan untuk menyelinap ke dalam garasi Walt di malam hari untuk mencuri mobil tersebut. Nahas dia dipergoki Walt, namun Walt tidak sempat menangkapnya karena terjatuh dan memberi kesempatan kepada Tao untuk kabur.

Besoknya, di malam hari kawanan geng yang dipimpin spider mencoba untuk mengajak kembali Tao untuk beraksi. Kali ini Tao menolak, sempat terjadi keributan di halaman rumah mereka. Walt yang merasa terganggu segera keluar dan mengusir mereka semua. Keluarga Sue merasa berhutang budi karena hal ini. Besoknya mereka mengirimkan hadiah bunga bunga kepada Walt. Walt masih tidak suka dengan hal ini karena merasa dia tidak melakukan kebaikan apapun.

Walt Kowalski: I’ll blow a hole in your face then go inside and sleep like a baby.

Suatu hari Sue sedang berjalan jalan bersama pacar barunya, Trey(Scott Eastwood). Ketika mereka sedang asyik, bertemulah mereka dengan 3 anak kulit hitam, mereka coba mengganggu Sue. Sementara itu Trey tidak berkutik. Walt yang kebetulan sedang lewat segera turun dari mobilnya dan menghampiri mereka. Walt kemudian mengantar pulang Sue.

Sebagai hukuman karena telah mencoba mencuri mobil Grand Torino(GT) milik Walt, sekaligus sebagai tanda terima kasih karena sudah membantu mengatasi keributan di tengah malam kemarin. Keluarga Tao meminta kepada Walt agar mengijinkan Tao bekerja kepada Walt. Walt yang merasa tidak perlu bantuan menolaknya. Tapi setelah dibujuk terus menerus akhirnya dia luluh. Mulailah Tao bekerja kepada Walt.

 I once fixed a door that wasn’t even broken yet.

(Walt)

Walt yang biasa mengerjakan segala hal sendirian malah bingung mau diperkerjakan apa Tao. Tapi dia kemudian melihat rumah tetangga seberang jalan yang sudah nampak rusak dan tidak terawat. Jadilah Tao diperbantukan untuk memperbaiki penampilan rumah tetangga seberang. Walt yang makin intens bertemu dan berinteraksi dengan Sue dan Tao menjadi pribadi yang lebih terbuka kepada keduanya.

Di hari ulang tahunnya, salah satu anak Walt, Mitch Kowalski(Brian Haley) bersama istrinya, Karen Kowalski(Geraldine Hughes) datang membawa kue ulang tahun. Tidak lupa mereka memberikan hadiah ulang tahun berupa alat untuk mengambil barang yang berada di ketinggian dan pesawat telepon. Sebagai tambahan hadian mereka juga memberikan penawaran kepada sang ayah agar mau pindah ke tempat yang mereka canangkan agar dapat dirawat oleh orang yang berpengalaman serta tempat yang tidak terlalu membutuhkan perawatan. Walt tentu menolak hal ini, karena dia sendiri merasa masih kuat dan sehat serta tidak butuh dikasihani. Walt segera mengusir anaknya tersebut.

Walt kemudian menerima permintaan Sue untuk datang ke rumah keluarga Tao untuk ikut pesta makan makan, sebab selain karena hari ini dia kehabisan bir juga dia tidak punya sesuatu untuk dimakan selain kue ulang tahun pemberian dari anaknya. Di sana Walt senang makan makanan asia, juga bir mereka, meskipun saat mengikuti pesta Sue dan kawan kawannya di ruangan bawah tanah dia  menyadari bahwa Tao, selain pribadi yang kurang jantan, tidak punya nyali dan masa depan juga tidak pandai merebut hati lawan jenisnya. Walt yang merasa adalah pria sejati tertantang akan membantu Tao.

Walt Kowalski: What the hell does everybody want with my Gran Torino?

Sementara itu Walt sadar bahwa kondisi fisiknya sudah tidak muda lagi, ditambah kebiasaan buruknya untuk mengerjakan segalanya sendirian. Serta kesenangannya merokok dan minum bir telah menggerogoti kesehatannya. Berkali kali dia terpaksa harus muntah darah.

Tao yang dianggap tidak memiliki kejantanan diajak ke tempat teman Walt. Tempat tersebut adalah tempat dimana Walt sering mencukur rambutnya. Pemilik tempat tersebut bernama Martin(John Carroll Lynch). Di sana Tao diajari cara bertutur kata dan berbincang layaknya seorang pria. Tao ternyata cepat belajar. Dia segera bisa dengan apa yang Walt ajarkan.

Walt kemudian membawa Tao untuk melihat lihat ruangan tempat dia menyimpan alat alat tekniknya. Di sana dia menghadiahi Tao tiga macam alat teknik, diantaranya yaitu, WD-40, perekat duct dan vice grip. Setelah itu dia juga mengajak Tao pergi untuk mendapatkan pekerjaan.

Pekerjaan yang dipilih adalah konstruksi. kebetulan Walt punya teman di salah satu tempat konstruksi, namanya Timothy “Tim” Kennedy(William Hill). Walt berhasil meyakinkan Tim untuk menerima Tao sebagai salah satu karyawannya. Jadilah Tao mulai bekerja di tempat konstruksi milik Tim. Sebelum pulang Walt mengajak Tao untuk membeli beberapa peralatan teknik standar untuk bekalnya bekerja esok hari.

Walt Kowalski: You’re wrong, eggroll, I know exactly what I’m talking about. I may not be the most pleasant person to be around, but I got the best woman who was ever on this planet to marry me

. I worked at it, it was the best thing ever happened to me. Hands down. But you, you know, you’re letting Click-Clack, Ding-Dong and Charlie Chan just walk out with Miss What’s-her-face. She likes you, you know? Though I don’t know why!

Esok harinya ketika pulang dari bekerja Tao dihadang kawanan geng spider. Mereka kemudian menghajar Tao dan merusak peralatan milik Tao. Tidak hanya itu mereka juga mencolokkan api rokok kepada pipi Tao. Tao terpaksa pulang dengan keadaan yang menyedihkan. Hal ini kemudian diketahui oleh Walt.

Walt tentu saja tidak terima terhadap perlakuan geng spider kepada Tao. Dia segera melabrak markas geng spider. Menunggu keadaan sepi, Walt kemudian masuk dan menangkap salah satu anggota geng spider. Tidak tanggung tanggung dia menghajarnya habis habisan dan mengancamnya dengan pistol untuk tidak mengganggu Tao lagi.

Walt yang keadaan kesehatannya makin parah terpaksa menemui dokter. Ternyata dokter langganannya sudah meninggal 3 tahun yang lalu. Terpaksa dia sekarang ditangani dokter baru, yang tidak lain adalah dokter etnis asia. Mendapatkan diagnosis kesehatan yang buruk dia mencoba untuk mengontak salah satu anaknya namun perbincangan mereka tidaklah menyenangkan dan telepon ditutup sebelum Walt sempat mengungkapkan kondisi kesehatannya.

Geng spider tidak terima dengan ancaman dari Walt. Mereka kemudian lewat depan rumah walt dan menembakkan senapan otomatis ke rumah Sue. Sementara itu Sue yang sedang dalam perjalanan ke tempat temannya dihadang dan dihajar.

Hal ini mengakibatkan kerusakan di rumah keluarga Tao, selain itu Tao juga mengalami luka di lehernya. Walt jelas berang dengan hal ini. Sadar dia sudah tua maka jika ingin melakukan pembalasan dia harus menyusun rencana yang sangat matang. Jadilah sekarang Walt terdiam memikirkan strategi apa yang akan diambilnya untuk mengalahkan geng spider.

Yakin bahwa keselamatan dirinya dipertaruhkan dalam hal ini. Walt tersadar untuk mengikuti saran dari almarhum istrinya, Dorothy untuk melakukan pengakuan dosa di gereja (hal yang tidak pernah dilakukannya selama hidupnya). Walt lalu mendatangi Pastur Janovich untuk mendapatkan kesempatan melakukan pengakuan dosa di gereja.

Walt Kowalski: I’m here for a confession.

Father Janovich: Oh, Lord Jesus what have you done?

Esok harinya ketika dia menyiapkan senapannya, datanglah Tao yang sudah panas hatinya ingin membalas dendam akan perlakuan geng spider. Tao diberitahu oleh Walt bahwa dia harus tetap tenang. Walt kemudian mengajaknya untuk turun ke ruangan bawah, dengan akal akalan akhirnya dia berhasil menjebak Tao agar terkunci di ruangan bawah. Hal ini dilakukan agar Tao tidak perlu ikut menyambangi geng spider.

Setelah merasa siap, malam harinya Walt segera mendatangi markas geng spider. Tidak lupa sebelum pergi dia menelepon Sue untuk memberitahukan keadaan dan posisi Tao. Walt yang datang ke markas spider sudah diantisipasi oleh spider dkk.

Mereka segera menodongkan senjata saat melihat Walt. Walt yang berada di sana sendirian tetap tenang. Dia kemudian merokok, namun ketika hendak mengambil korek api di dalam jaketnya hal ini disalah artikan oleh spider dkk yang menganggap Walt ingin mengambil senjata. Spider dkk segera memberodong Walt. Jadilan Walt mati terkapar karena tembakan tembakan tersebut.

Hal ini berlanjut ketika polisi datang dan membekuk spider dkk. Sue dan Tao juga datang dengan mengendarai Grand Torino milik Walt. Di surat wasiatnya Walt menulis bahwa Grand Torino miliknya tidak diwariskan kepada anak ataupun cucunya Ashley (Dreama Walker) melainkan kepada teman terdekatnya yang tidak lain adalah Tao.

GRAND TORINO - 1 (15)

  GRAND TORINO - 1 (3)GRAND TORINO - 1 (4)  GRAND TORINO - 1 (6)GRAND TORINO - 1 (7)

GRAND TORINO - 1 (19) GRAND TORINO - 1 (20)GRAND TORINO - 1 (8)GRAND TORINO - 1 (9)GRAND TORINO - 1 (10)GRAND TORINO - 1 (11)  GRAND TORINO - 1 (13)??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????  GRAND TORINO - 1 (17)GRAND TORINO - 1 (18)GRAND TORINO - 1 (12)

GRAND TORINO - 1 (1)

TOP QUOTES

Walt Kowalski: Get off my lawn!

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– setiap alat di ruang kerjanya Walt memiliki tugas masing masing, ketika dibutuhkan mereka siap untuk dipergunakan, begitu juga dengan diri kita, kita harus mampu menjadi orang yang berguna bagi sesama dan menjadi orang yang memiliki tujuan hidup.

– pentingnya untuk sedikit meredam ego pribadi agar dapat diterima masyarakat, penting untuk menjadi pribadi yang hangat dan tidak terlalu keras kepala, terlebih kepada orang orang terdekat, juga jika anda tinggal di tempat yang multi etnis dan beragam anda harus dapat beradaptasi.

– karena kita hidup di masa ini, jadi kitalah yang harus menyesuaikan diri, bukan masa yang harus menyesuaikan diri dengan kita. Waktu berjalan, orang orang berubah, kita boleh punya pendirian tapi harus tetap dapat beradaptasi dengan lingkungan dan jaman yang terus berubah.

TAHUKAH KAMU?

– Mau tahu diambil dari mana nama Walt Kowalski, dia diambil dari salah satu legenda gulat, Walter “Killer’ Kowalski’, bisa dicek di sini, http://en.wikipedia.org/wiki/Killer_Kowalski.

– Film ini juga jadi ajang bagi anak anak Clint Eastwood, si Scott Eastwood berperan sebagai Trey, temannya Sue saat bertemu dengan geng anak nakal. Sedangkan anak Clint Eastwood lainnya, Kyle Eastwood mengisi score musik film ini.

– Ketika scene Walt mandi sambil merokok di bath tub ditemani anjingnya dia bilang bahwa sekali ini dia merokok di dalam rumah, nyatanya ketika di malam hari bersama dengan pastur Father Janovich dia merokok juga. Perlu ditekankan kembali, meski Clint Eastwood merokok di sebagian film nya dia bukanlah seorang perokok aktif.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: TIDAK. Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA, intens. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– Just Wow untuk Clint Eastwood !! di usia senjanya si kakek ini benar benar masih luar biasa. Kualitas aktingnya memang selalu di atas rata-rata. Dia berhasil menghidupkan karakter Walt yang dingin, keras kepala dan tegas. Salut!

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s