Haute Tension / Switchblade Romance(2003), Tensi Tinggi yang Tak Berpuncak Maksimal di Akhir

DATA FILM

Sutradara: Alexandre Aja . Penulis Naskah: Alexandre Aja, Grégory Levasseur . Bintang:  Cécile De France, Maïwenn, Philippe Nahon . Durasi: 91 menit . Tahun Rilis: 2003.

PENGHARGAAN OSCAR

–  tidak ada.

HAUTE TENSION - (9)

JALAN CERITA(PLOT)

HAUTE TENSION - (6)

“Hearts will bleed.”

Berawal dari dua teman sekolah, Marie(Cécile De France) dan Alexia – Alex(Maïwenn) ingin menghabiskan waktu bersama di desa terpencil di rumah orang tua Alex. Dengan tujuan mengasingkan diri agar dapat fokus untuk belajar. Perjalanan keduanya lancar hingga sampai rumah orang tua Alex.

Alexia: The problem is, he’s got a girlfriend he doesn’t want to split up with.

Marie: Why are you so interested, then?

Alexia: Someone who’s taken must be worth it. I’m skeptical of single guys.

Di malam harinya ketika seluruh anggota keluarga Alex sudah tertidur, datanglah seorang pria gempal ke kediaman mereka. Ayah Alex(Andrei Finti) yang membukakan pintu dibunuh dengan cara sadis, begitu pula dengan anjing penjaga rumah. Berikutnya ibunya Alex(Oana Pellea) dilukai. Marie yang masih terjaga mencoba untuk sembunyi sambil berusaha mendapatkan bantuan lewat telepon.

Si pembunuh(Philippe Nahon) segera mengikat mulut, tangan dan kaki Alex. Kemudian dia menghabisi ibu Alex dengan menggorok lehernya dengan menggunakan pisau cukur, tepat di depan Marie yang bersembunyi di dalam lemari baju. Begitu pula dengan adik Alex, ditembak dengan shotgun di perkebunan jagung keluarga tersebut.

Alex dimasukkan ke bak belakang truk oleh si pembunuh, sedangkan si pembunuh kembali ke rumah. Marie sempat coba untuk membebaskan rantai yang mengikat Alex tapi gagal. Justru pintu boks truk segera ditutup oleh pembunuh. Jadilah Marie dan Alex terkurung di sana.

Tiba di sebuah stasiun pengisian bahan bakar, si pembunuh mengisi bensin. Sementara itu Marie pergi mencari bantuan ke dalam minimarket SPBU. Marie memberikan pisau kepada Alex untuk berjaga jaga. Marie sempat meminta bantuan kepada pria penjaga minimarket tapi dia malah tidak melakukan apapun.

Hingga akhirnya si pembunuh juga masuk ke minimarket, membuat Marie harus bersembunyi di belakang rak barang jualan. Si pembunuh mencoba meminta alkohol kepada penjaga minimarket. Sebelum alkohol diberikan, si penjaga minimarket terlanjur dibantai oleh si pembunuh dengan kapak.

Si pembunuh tahu bahwa dia tidak sendirian di minimarket tersebut segera mencari siapa yang sedang bersembunyi, tapi tidak berhasil. Marie yang ngumpet di toilet berhasil selamat. Sedangkan si pembunuh meneruskan perjalanannya dengan Alex.

Marie segera meminta pertolongan lewat telepon di minimarket. Marie juga menemukan bahwa di laci ada pistol, segera mengambilnya dan mengejar si pembunuh dengan menggunakan mobil si penjaga minimarket.

Setelah sempat mengejar si pembunuh hingga jauh Marie akhirnya ketangkap basah oleh si pembunuh. Tahu bahwa dia membawa pistol, Marie tidak gentar. Tapi ketika dia sadar bahwa pistol tersebut sudah dikosongkan pelurunya oleh si pembunuh dia jadi kebingungan.

Mobil Marie akhirnya terperosok. Marie terus dikejar kejar si pembunuh, hingga dia terpaksa bersembunyi di rumah kebun di tengah hutan. Marie yang sempat berkelahi dengan si pembunuh akhirnya menang dan menginggalkan si pembunuh dengan luka pukulan kayu berkawat di wajahnya.

You can’t escape from me, bitch!

(Si Pembunuh)

Selanjutnya Marie mencoba menyelamatkan Alex di truk. Tapi setelah Alex dilepaskan rantainya justru Alex menusuk Marie dengan pisau dan lari menjauh.

Sementara itu dua orang polisi sudah mendatangi TKP SPBU tempat Marie menelepon minta bantuan. Disana mereka mendapati mayat penjaga SPBU. Mereka segera mengecek CCTV yang terpasang di SPBU tersebut. Di sini diungkap bahwa si pembunuh sebenarnya adalah Marie.

Jadi selama ini si pria pembunuh adalah hasil dari rekayasa dan imajinasi Marie sendiri, yang cenderung tertarik dan terobsesi berlebihan kepada Alex dan menolak adanya orang orang di samping Alex selain dirinya.

Alex yang mencari pertolongan di tengah hutan akhirnya mendapati jalan, dia mencoba menghentikan mobil untuk mendapatkan bantuan. Alex segera masuk, tapi ternyata Marie/ Si Pria Pembunuh sudah berada di luar. Mobil mereka  coba dijalankan tapi tidak bisa. Marie/ Si Pria Pembunuh segera menghabisi pria pemilik mobil dengan menggunakan gergaji mesin.

Sementara itu Alex berhasil ke luar dari mobil dan merangkak menjauh. Marie segera mendekatinya dan menciumnya. Alex segera menusukkan pipa besi ke perut Marie ketika Marie lengah. Akhirnya Alex dapat selamat. Sementara Marie terpaksa dimasukkan ke ruang perawatan untuk orang yang punya kelainan jiwa.

HAUTE TENSION - (1)

HAUTE TENSION - (12)

HAUTE TENSION - (2)

HAUTE TENSION - (8)

HAUTE TENSION - (10)HAUTE TENSION - (1)   HAUTE TENSION - (3)  HAUTE TENSION - (5)      HAUTE TENSION - (11)  HAUTE TENSION - (13)

HAUTE TENSION - (7)

HAUTE TENSION - (2)

TOP QUOTES

Marie: I won’t let anyone come between us any more.

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– minim pesan moral, tapi setidaknya kita harus tahu kalau ada pembunuh sadis mendatangi kita, kita tahu bahwa mereka pasti siap membunuh, maka jalan yang harus kita tempuh adalah lari, bersembunyi dan bersiap jika keadaan terburuk yaitu harus melawan.

TAHUKAH KAMU?

–  ketika si pembunuh mengisi bahan bakar di SPBU, jumlah bahan bakar yang keluar tidak sama dengan jumlah yang tertera.

– anjing keluarga Alex menghilang seketika setelah dibunuh.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, ada adegan wanita masturbasi, tidak eksplisit. Homoseksualitas/ Lesbian: YA, ada adegan dua wanita berciuman . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA, intens . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA. Adegan Menyeramkan: YA. OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– Ide cerita yang pasaran, jalan ceritanya tidak terlalu rumit. Di bagian akhir sang sutradara ingin memberikan twist, yang sayangnya, justru terlihat kurang greget dan tidak begitu memberikan tambahan pada kualitas film itu sendiri. Kedalaman karakter tidak diekspos, namun jika anda adalah penggemar film slasher yang mengumbar darah macam Texas Chainsaw Massacre, anda tidak akan terlalu kecewa.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

6.5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s