Rust and Bone – De rouille et d’os(2012), Romantisme Whale Trainer Cacat dan Kickboxer Single Father

DATA FILM

Sutradara: Jacques Audiard . Penulis Naskah: Jacques Audiard, Thomas Bidegain , Craig Davidson(Cerita) . Bintang:   Marion Cotillard, Matthias Schoenaerts, Armand Verdure . Durasi: 120 menit . Tahun Rilis: 2012.

PENGHARGAAN OSCAR

–  tidak ada.

RUST AND BONE - (2)

JALAN CERITA(PLOT)

RUST AND BONE - (28)

 In a human hand there are 27 bones. Some apes have more. A gorilla has 32, five in each thumb. A human has 27. If you break an arm or a leg, the bone grows back together by calcification. It will be stronger than before. If you break a bone in your hand, it will never recover completely.

Before every fight, you’ll think. In each slap, you’ll think. You’ll be careful.

But at some point the pain will come back. Like needles. Like glass splinters

Bersetting di Antibes, Perancis Selatan, seorang lelaki gagah yang juga seorang single parent bernama Ali – Alain van Versch(Matthias Schoenaerts), berasal dari Belgia, berniat untuk tinggal bersama kakaknya, Anna(Corinne Masiero) dan suaminya, sekaligus menyadari bahwa dia adalah ayah yang tidak terlalu baik bagi anak laki lakinya, Sam.

Lewat perjuangan keras akhirnya Ali dapat sampai di rumah kakaknya. Kemudian dia mendapatkan pekerjaan sebagai petugas keamanan/ Bouncer di sebuah klub malam L’Annexe. Sementara itu Anna bekerja sebagai kasir di sebuah supermarket di daerah tersebut pula.

The bouncer from the the Annexe.
He brought me home. (Stephanie)

Segalanya berjalan dengan baik, Sam pun mendapatkan pendidikan dan bersekolah lagi. Hingga suatu malam, terjadi sedikit keributan di klub. Keributan terjadi antara seorang wanita cantik bernama Stéphanie(Marion Cotillard) dan seorang pria. Keributan tersebut berhasil diredam, namun sayang, Stéphanie mengalami pendarahan di hidungnya. Ali kemudian mengantarkan Stéphanie ke kediamannya.

Berniat untuk meminta es batu untuk mengompres tangannya yang lebam, Ali ikut masuk ke kediaman Stéphanie. Di dalam dia bertemu dengan pasangan Stéphanie, Simon(Yannick Choirat) yang secara tersirat tidak menyukai kedatangan Ali. Melihat deretan foto yang ada di dinding di kediaman Stéphanie, Ali kemudian tahu bahwa Stéphanie adalah seorang pelatih Paus Pembunuh di sebuah tempat hiburan. Ali kemudian meniggalkan kediaman Stéphanie dengan terlebih dahulu meninggalkan nomor telepon untuk berjaga-jaga.

Alain van Versch: I’d never have imagined!

Stéphanie: Why? Can’t a whore train orcas?

Stéphanie tak merasa harus menelepon nomor Ali, hingga suatu hari di tempat kerjanya terjadi musibah. Stéphanie diserang salah satu Paus sehingga mengakibatkan dirinya harus dirawat di rumah sakit. Akhirnya Stéphanie terbangun dan begitu terpukul dengan kenyataan bahwa dia sudah kehilangan kedua kakinya karena serangan paus tersebut. Stéphanie depresi.

Stéphanie kemudian berinisiatif untuk menelepon Ali. Keduanya kemudian bertemu, dan ternyata Ali sudah mengetahui kejadian yang menimpa Stéphanie lewat TV. Ali berniat untuk menghibur Stéphanie kemudian mengajaknya untuk pergi ke luar rumah. Stéphanie setuju, keduanya kemudian ke pantai. Ali tanpa segan segera berenang di pantai. Stéphanie yang kehilangan kedua kakinya tampak ketakukan untuk kembali ke air. Meski pada akhirnya dia mulai mau untuk berenang. Hubungan keduanya makin intens dan lekat.

Ali selanjutnya mendapatkan pekerjaan sebagai petugas jaga malam. Disana dia bertemu dengan Martial(Bouli Lanners), seorang penjaga senior yang ternyata punya pekerjaan sampingan menjadi dealer dalam pertarungan kickboxer jalanan. Ali yang dulunya memang pernah berlatih tinju dan kickboxer tertarik untuk ikut. Pada pertarungan pertamanya dia sukses memenangkan pertarungan dengan cepat. Bahkan Stéphanie yang ikut menontonnya terkagum-kagum.

Ali yang kegiatan sehari harinya berlatih di gym, lari dan bekerja di malam hari bertemu dan berkenalan dengan salah satu gadis di gym. Keduanya kemudian menjadi sex buddy. Sementara itu Stéphanie yang sudah cukup mengenal Ali akhirnya bersedia pula untuk berhubungan seks dengan Ali. Hal ini terjadi makin sering, keduanya menggunakan kode sms : OP untuk hal ini.

Alain van Versch: Well, when you feel like it, call me. If I’m OP, I’ll come.

Stéphanie: What does that mean, ‘OP’?

Alain van Versch: Operational. When I’m available, when I can.

Stéphanie akhirnya mendapatkan kaki palsu. Segera dia mengabarkan hal baik ini kepada Ali. Stéphanie pun akhirnya bisa merasa normal dan berani mendatangi tempat hiburan paus lagi. Kisah berlanjut hingga Stéphanie dan Ali serta teman-temannya pergi ke klub L’Annexe, Stéphanie terkejut karena Ali berani menggoda wanita di klub di depan matanya dan mengajak wanita tersebut pulang bersamanya. Hubungan keduanya sempat renggang karena hal ini.

Ali yang ditawari pekerjaan sampingan lainnya oleh Martial, sebuah pekerjaan kotor dan ilegal, yaitu memasang kamera pengawas secara diam diam di toko-toko di kota tersebut. Ali menerima tawaran dari Martial.

Alain van Versch: What’s up, Robocop?

Stéphanie: This is a circus!

Semuanya lancar lancar saja hingga suatu hari Anna dipanggil bagian manajemen supermarket dan dipecat karena diketahui mencuri bahan makanan yang sudah kadaluarsa untuk dibawa pulang. Berdasarkan informasi dan foto yang diperlihatkan salah satu temannya, yang menunjukkan bahwa Ali adalah salah satu dari pelaku pemasang kamera pengawas tersebut, membuat Ana naik darah.

Ali yang baru pulang dari jogging segera dilabrak dan diusir dari rumah Anna dan suaminya. Malam harinya Ali terpaksa pergi. Dengan meninggalkan Sam bersama Anna. Dia kemudian menuju Warsawa, Russia untuk ikut pelatihan Kickboxer di suatu pemusatan latihan.

Selang beberapa lama Sam diantar oleh salah satu terman Ali ke tempat pemusatan latihan Kickboxer. Ali dan Sam segera bermain main bersama. Keduanya memutuskan untuk bermain di danau yang sedang membeku. Sial, dasar Ali yang memang kurang awas dalam pengasuhan anak kecil, Sam yang tidak diawasi Ali karena sedang menelepon terjatuh ke bagian es yang tipis. Ali panik dan mencari Sam, mengetahui Sam terjebak di dalam danau yang membeku, Ali meninju danau tersebut hingga Sam bisa diselamatkan, sedang tangan ali sendiri tulangnya retak karena hal ini.

Sam kemudian dibawa ke rumah sakit. Tiga jam kemudian dia sadar dari koma. Ali yang getir dengan keadaan Sam merasa sangat bersalah. Dia kemudian mendapatkan telepon dari Stéphanie. Ali menyatakan perasaanya kepada Stéphanie, bahwa dia mencintainya. Keduanya kembali baikan. Di akhir cerita Sam, Stéphanie dan Ali sedang mengadakan jumpa pers untuk pertandingan kickboxernya.

Alain van Versch: [Talking to Stéphanie on the phone] What are you doing?

Stéphanie: At this moment? On life? Or in general?

Alain van Versch: I wanted to say that…

Stéphanie: I’m not asking for anything. I’m hanging up. I’ll call you to ask about Sam. Give him a kiss?

Alain van Versch: Don’t hang up! Don’t hang up!

Stéphanie: I won’t hang up.

Alain van Versch: For three hours… he’s was in a coma. For three hours, he was dead. I was scared of losing him. Don’t leave me!

Stéphanie: I won’t leave you!

Alain van Versch: I love you.

RUST AND BONE - (10)

RUST AND BONE - (2)RUST AND BONE - (8)

RUST AND BONE - (1)    

RUST AND BONE - (23)

RUST AND BONE - (21)

RUST AND BONE - (26)     RUST AND BONE - (12)RUST AND BONE - (13)            

RUST AND BONE - (11)RUST AND BONE - (18)RUST AND BONE - (25)

  

?????????RUST AND BONE - (20)

RUST AND BONE - (16)RUST AND BONE - (30)

RUST AND BONE - (7)RUST AND BONE - (29) 

TOP QUOTES

 Sam: When is Mommy coming?

Ali: Soon, I told you!

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Pantang bagi kita untuk merendahkan orang yang punya cacat fisik, bagaimanapun mereka layak dan berhak untuk dihormati, dikasihi dan dicintai.

– Hidup seorang lelaki adalah perjuangan, menangkan! (Seperti di film ini, ada dua adegan dimana Ali menggendong seseorang di belakang. Yang pertama menggendong Sam, berarti bahwa dia akan berjuang demi kebaikan Sam, termasuk tinggal di tempat Anna agar Sam lebih terawat. Yang kedua dia menggendong Stephanie, berarti bahwa dia tidak akan meninggalkan temannya yang butuh perhatian dan kasih sayang, dia akan ada untuk membantunya dan menghiburnya.

TAHUKAH KAMU?

– Sebagai persiapan dalam film ini Marion Cotillard seminggu berada di Marineland, Kanada untuk persiapan menjadi Whale trainer dan mengambil kursus latihan renang juga, hal yang cukup membuatnya sibuk sebab dia juga melakukan pengambilan gambar untuk Dark Knight Rises bersamaan dengan pengambilan gambar untuk film ini.

– Sebelum menyutradarai film ini sutradara Jacques Audiard lebih dulu sukses dengan film A Prophet.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, sangat eksplisit, ada adegan bugil. Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA. Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 25+(sangat dewasa)

KESIMPULAN:

– Diangkat dari cerita pendek berjudul sama karangan Craig Davidson, sutradara  Jacques Audiard mampu membangun chemistry yang baik antara Stephanie dan Ali. Selain itu drama romantisme si wanita cantik namun cacat dengan lelaki berbadan tegap tapi kurang bertanggungjawab sekaligus ayah tunggal terjalin dengan baik. Jalan ceritanya bagus, akting yang bagus dan penuh dengan pesan moral. Meski beberapa adegan vulgar ditampilkan tidak mengurangi kenikmatan film ini, saya justru setuju dengan pendapat Marion Cotillard bahwa jika tanpa adegan intim, film Rust and Bone ini akan tidak lengkap.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s