Unforgiven (1992), Sheriff Keji, Trio Bounty Hunter dan Pelacur Yang Tersakiti (Serta Dosa Yang Tak Termaafkan)

DATA FILM

Sutradara: Clint Eastwood . Penulis Naskah: David Webb Peoples. Bintang:  Clint Eastwood, Gene Hackman, Morgan Freeman. Durasi: 131 menit . Tahun Rilis: 1992.

PENGHARGAAN OSCAR

– Dinominasikan untuk 5 kategori: Best Actor in a Leading Role, Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Sound.

– Memenangkan 4 Piala Oscar untuk kategori Best Picture(Eastwood), Best Actor in a Supporting Role(Hackman), Best Director(Eastwood), Best Film Editing(Joel Cox). unforgiven - (6)

“It’s a hell of a thing, killing a man.”

JALAN CERITA(PLOT)

She was a comely young woman and not without prospects. Therefore it was heartbreaking to her mother that she would enter into marriage with William Munny, a known thief and murderer, a man of notoriously vicious and intemperate disposition. When she died, it was not by his hands as her mother might have expected, but of smallpox. That was 1878. unforgiven - (1) Suatu malam yang dingin terjadi sebuah insiden di rumah pelacur milik Skinny Dubois(Anthony James) di daerah Big Whisky, Wyoming US. Salah satu pelacur di tempat tersebut, bernama Delilah Fitzgerald (Anna Levine), disakiti salah satu pelanggannya, Quick Mike (David Mucci) dengan cara muka si pelacur dilukai dan putingnya dipotong. Keadaan menjadi gaduh hingga akhirnya datanglah Sheriff Little Bill Dagget(Gene Hackman) yang menenangkan suasana. Little Bill, begitu Bill Dagget dipanggil membuat keputusan yang sulit diterima para pelacur disana.

Karena Bill lebih memilih untuk melepaskan pelaku tindakan kejam tersebut dengan dalih untuk menghindari tertumpahnya lebih banyak darah di daerahnya. Sebagai hukuman Little Bill mewajibkan si pelaku kejahatan untuk memberikan beberapa ekor kuda sebagai ganti rugi atas perbuatannya.

Merasa dikecewakan dengan keputusan sang sheriff, para teman pelacur mengumpulkan uang untuk menyewa seorang koboi untuk membunuh pelaku kejahatan tersebut. Hingga akhirnya terkumpulah 1000$, yang dikumpulkan dari sumbangan para pelacur di tempat tersebut. Seorang koboi muda, yang biasa dijuluki “The Schofield Kid”(Jaimz Woolvett) mencoba peruntungannya untuk mendapatkan bagian hadiah tersebut. Namun dia sadar bahwa dia masih hijau dalam urusan bunuh membunuh.

The Schofield Kid: Yeah, well, Uncle Pete says you was the meanest goddamn son-of-a-bitch alive, and if I ever wanted a partner for a killin’, you were the worst one. Meaning the best, on account as your’s as cold as the snow and you don’t have no weak nerve nor fear.

Dia pun segera menemui seorang legenda gunslinger di masa lalu bernama William “Will” Munny(Clint Eastwood). William Munny dulunya adalah pemuda yang jago adu tembak, suka menembak korbannya tanpa memandang apakah dia wanita atau anak anak, tegasnya dia adalah seorang pembunuh berdarah dingin. Tapi itu adalah dulu, saat dia bertemu seorang wanita, akhirnya dia berhasil disadarkan dari sikap buruknya di masa lalu tersebut. Will pun berhenti minum minuman keras, berhenti total dari membunuh dan perbuatan kriminal lainnya, intinya dia sudah bertobat. Ditemani oleh istrinya dan kedua anaknya Will memilih untuk menjadi peternak Babi.

Namun cerita indah tersebut tidak berlangsung lama, sebab sang istri, Claudia meninggal karena penyakit cacar. Will yang memang tidak jago dalam urusan selain menarik pelatuk akhirnya tidak lah menjadi peternak yang sukses, dia harus bekerja ekstra keras untuk menghidupi kedua anaknya dengan menjadi peternak. Bertemulah Schofield Kid dengan Will di rumah will. Schofield yang tahu masa lalu dan mitos kehebatan Will seakan akan menjadi pengagum berat Will. Dia berusaha untuk meyakinkan Will untuk ikut dengannya untuk melakukan pekerjaan ini.

Meski pada awalnya Will ogah ogahan dengan tawaran Schofield, setelah berpikir beberapa lama dan dengan menimbang bahwa dengan uang yang didapat dia lebih bisa menjamin masa depan kedua anaknya Will kemudian memutuskan untuk melakukan pekerjaan kotor ini untuk terakhir kalinya. Will yang memang sudah kehilangan kemampuannya untuk menarik pelatuk pistol kesulitan untuk mendapatkan kemampuannya kembali, bahkan hanya untuk menaiki kuda pun dia kesulitan. Will kemudian memutuskan untuk mengajak partner lamanya, Ned Logan(Morgan Freeman) untuk ikut bersamanya.

Meskipun pada awalnya Schofield hanya meminta dua orang untuk mengerjakan pekerjaan ini, namun Will nampaknya keras kepala dengan keputusannya mengajak Ned. Will dan Ned segera berangkat menuju tempat pertemuan dengan Schofield, ketiganya segera berangkat menuju Big Whisky untuk melakukan pekerjaannya. Sementara itu di Big Whisky, jago tembak lainnya sudah datang. Dia bernama English Bob(Richard Harris). Namun kedatangannya yang mengundang perhatian warga menyebabkan Sheriff Bill tahu akan kedatangannya.

Langsung saja, kedatangannya bersama dengan seorang penulis buku,W.W. Beauchamp (Saul Rubinek) disambut dengan tidak menyenangkan oleh Little Bill. English Bob dihajar habis habisan, dipenjara dan diperlakukan tidak manusiawi. Selanjutnya Little Bill melepaskan English Bob dengan tujuan membuat para calon bounty hunter lainnya ketakutan.

Kedatangan Will dkk sudah diketahui Sheriff Little Bill, sementara Ned dan Schofield naik ke ruangan atas, tempat para pelacur Will sendirian di lantai bawah. Little Bill segera saja menginterogasi Will dan menhajarnya habis habisan, dan menendangnya keluar dari rumah pelacur. Sementara di ruangan atas  Ned dan Schofield diselamatkan para pelacur, Little Sue(Tara Frederick), Silky(Beverley Elliott), Faith(Liisa Repo-Martell) dan Delilah dengan diminta keluar dari jendela kamar.

Ned dan Schofield segera menyelamatkan Will dan membawanya ke tempat aman. Dibantu para pelacur Will mendapatkan perawatan hingga sembuh.

Will Munny: I meant I didn’t want a free one with Alice or Silky. Because of my wife back home. I reckon if I was to want a free one, it would be with you.

Trio Will, Ned dan Schofield menemukan bahwa si pembuat onar di rumah pelacur sedang bersama kawanannya di suatu tempat. Ketiganya segera saja beraksi, dengan pelurunya mereka bisa menembak kaki salah satu teman Quick Mike, yaitu Davey (Si pelaku kejahatan di rumah pelacur), Mike dan teman temannya segera berlindung di belakang bebatuan. Dengan tembakan selanjutnya mengenai perutnya maka Davey nampaknya akan segera mati. Ned dkk segera meninggalkan mereka.

Davey: I’m dyin’ boys. Jesus, I’m so thirsty.

Will Munny: Give him a drink of water, goddamn it. Will you give him a drink of water, for Christ’s sake? We ain’t gonna shoot.

Selanjutnya Ned memutuskan untuk pergi ke selatan, meninggalkan Will dan Schofield untuk merampungkan tugas mereka. Tak disangka karena ternyata kepergian Ned diketahui Little Bill yang segera menangkapnya dan menyiksanya tanpa ampun. Ned yang pada awalnya masih bisa bungkam mengenai identitas kawan kawannya akhirnya buka mulut,meski pada akhirnya dia mati di tangan Little Bill.

Will dan Schofield menemukan tempat persembunyian Quick Mike dkk, merasa kalah jumlah. Will menentukan strategi untuk menunggu Mike keluar sarangnya sendirian. Benar, akhirnya Mike keluar dari rumah persembunyiannya sendirian karena hendak buang hajat. Will tidak menyia nyiakan kesempatan ini. Dia menugaskan Schofield untuk menyerbu Mike sementara Will mengawasi dari kejauhan. Schofield berhasil membunuh Mike. Suara tembakan mengagetkan seisi rumah persembunyian, para kawan kawan Mike segera keluar. Will menembakkan senjata untuk mencegah mereka mendapatkan aksi balasan. Will dan Schofield segera kabur dengan kudanya masing masing.

Little Sue: He said how you was really William Munny out of Missouri… and Bill said “Same William Munny that dynamited the Rock Island and Pacific in ’69 killin’ women and children an’ all?” And Ned says you done a lot worse than that, said you was more cold blooded than William Bonney or Clay Alisson or the James Brothers and how if he hurt Ned again you was gonna come an’ kill him like you killed a U.S. Marshall in ’73.

Will Munny: And that didn’t scare Little Bill though, did it?

Little Sue: No, sir.

Mereka berdua segera menemui salah satu pelacur di suatu tempat yang aman. Uang hadiah akhirnya mereka dapatkan. Schofield memilih untuk mabuk semabuknya karena tenggelam dalam rasa bersalahnya membunuh seseorang, setelah itu dia memberi tahu Will bahwa aksinya membunuh Mike adalah pembunuhan pertamanya. Dan dia telah berbohong kepada Will dan Ned bahwa dia sudah membunuh lima orang sebelumnya. Delailah kemudian memberitahukan kepada Will dan Schofield bahwa Ned sudah ditangkap Little Bill dan disiksa hingga mati.

Little Bill Daggett: Look son, being a good shot, being quick with a pistol, that don’t do no harm, but it don’t mean much next to being cool-headed. A man who will keep his head and not get rattled under fire, like as not, he’ll kill ya. It ain’t so easy to shoot a man anyhow, especially if the son-of-a-bitch is shootin’ back at you.

Will tercengang akan hal ini karena sebelumya sepengetahuannya, Ned pergi ke selatan. Will segera mengenggak alkohol, hal yang jarang dilakukannya akhir-akhir ini setelah bertobat. Dia menyadari bahwa dia tidak bisa mengandalkan kemampuan Schofield, dia segera meminta pistol Schofield kemudian mengirim Schofield untuk memberikan uang hadiah kepada keluarga Ned dan kepada anak anak Will. Sementara itu Will pergi sendirian untuk membuat perhitungan dengan Little Bill.

Little Bill Daggett: Well, sir, you are a cowardly son of a bitch! You just shot an unarmed man!

Will Munny: Well, he should have armed himself if he’s going to decorate his saloon with my friend.

Di malam hari, dengan amarah di dalam dadanya Will mendatangi rumah pelacur. Disana dia menjadi saksi bahwa Ned sudah mati dan ditempatkan di peti terbuka di depan rumah pelacur.

Little Bill Daggett: You’d be William Munny out of Missouri. Killer of women and children.

Will Munny: That’s right. I’ve killed women and children. I’ve killed just about everything that walks or crawled at one time or another. And I’m here to kill you, Little Bill, for what you did to Ned.

Will segera membunuh pemilik tempat pelacuran tersebut, selanjutnya membunuh Little Bill dan komplotannya, untuk kemudian pergi melenggang.

Little Bill Daggett: I’ll see you in hell, William Munny.

Will Munny: Yeah.

Akhirnya will bisa pulang dengan tenang, membawa pulang hadiah uangnya dan memulai kehidupan lebih baik.

Will Munny: You better bury Ned right!… Better not cut up, nor otherwise harm no whores… or I’ll come back and kill every one of you sons of bitches.

unforgiven - (1) ????????????????? unforgiven - (2) unforgiven - (11)unforgiven - (2) unforgiven - (3)    unforgiven - (7)   ????????????????? unforgiven - (4)

?????????????????

TOP QUOTES

Little Bill Daggett: You’d be William Munny out of Missouri. Killer of women and children. Will Munny: That’s right. I’ve killed women and children. I’ve killed just about everything that walks or crawled at one time or another. And I’m here to kill you, Little Bill, for what you did to Ned.

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Bahkan penjahat terburuk sekalipun memiliki sifat baik, Will yang begitu sayang kepada istrinya dan peduli kepada anak-anaknya, serta setia kawan kepada Ned.

– Bahwa pembunuh saat itu yang paling ditakuti dan paling jago justru bukan yang paling lihai dan cepat menarik pelatuk, melainkan pembunuh yang berdarah dingin dan paling hebat mentalnya dalam menaklukkan lawan-lawannya.

TAHUKAH KAMU?

– Film ini adalah film Western terakhir yang memenangi Oscar untuk Best Picture (setidaknya hingga saat ini, 2013).

– Film ini adalah satu dari tiga film yang memenangi Oscar, dua lainnya adalah Dances With Wolves (1990) dan Cimarron (1931).

– Sebelum diperankan Clint Eastwood, Gene Hackman sendiri menolak peran untuk William ” Will ” Munny.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA. Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA, ada adegan penyiksaan dengan cambuk dan pisau. Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA. Bahasa Kasar: YA. Adegan Menyeramkan: TIDAK. OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– Kesan penokohan yang agak unik, karena di film ini anda akan disuguhi karakter pembunuh berdarah dingin yang akan mendapatkan simpati anda. Bagaimana dia begitu sayang dengan keluarganya, ingin memberikan yang terbaik buat mereka. Di sisi lainnya anda akan disuguhi karakter Sheriff yang kejam dan tegas menegakkan hukum tanpa pandang bulu dan terkesan kejam dan jahat. Adegan puncak dimana Will menghabisi seisi rumah pelacuran, transformasinya dari koboi tua renta menjadi pembunuh yang tanpa ampun sungguh patut diacungi jempol. Sangat Layak OSCAR!

 SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s