The Sixth Sense(1999), Aku Tak Ingin Ketakutan Lagi…

DATA FILM

Sutradara: M. Night Shyamalan . Penulis Naskah:M. Night Shyamalan . Bintang:   Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette . Durasi: 107 menit . Tahun Rilis: 1999.

PENGHARGAAN OSCAR

– Dinominasikan untuk 6 kategori (Best Actor in a Supporting Role . Best Actress in a Supporting Role . Best Director . Best Film Editing . Best Picture . Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen). Tidak memenangkan 1 piala pun.

7

Percaya atau tidak, bahwa sebenarnya semua manusia dianugerahi dengan kemampuan indera ke-6 (sixth sense). Hal yang membedakan adalah ada orang yang kemampuan indera ke-6 nya bisa peka dan ada yang tidak. Di samping itu indera ke-6 juga banyak ragamnya, mulai dari kemampuan melihat makhluk halus, kemampuan melihat masa depan, kemampuan memindahkan sesuatu tanpa menyentuhnya, kemampuan melihat kejadian yang terjadi di tempat lain dalam waktu yang sama dan kemampuan untuk saling berkomunikasi dengan seseorang (telepathy).

Salah satu anak yang memiliki kemampuan itu diceritakan adalah bernama Cole Sear, dimana indera ke-6 nya adalah kemampuan melihat makhluk halus.  Disutradarai sutradara muda kelahiran India, M.Night Shymalan film ini akan menghadirkan twist(kejutan tak terduga di akhir filmnya) jadi bagi kamu yang belum pernah nonton awas di bawah ada spoilernya.

JALAN CERITA(PLOT)

Film dibuka dengan Dr. Malcolm Crowe(Bruce Willis) yang baru pulang ke rumahnya setelah menerima penghargaan atas dedikasinya kepada pekerjaannya sebagai psikolog anak. Anna Crowe(Olivia Williams), istrinya sempat mengatakan bahwa segala sesuatunya bagi Malcolm adalah nomor dua.

Anna Crowe, I am in love… in love I am.

(Malcolm)

Di rumahnya, di Philadelpia, Malcolm dan Ana, bersiap untuk merayakan hal tersebut hingga mereka menyadari ada yang aneh di rumah mereka. Kaca di kamar mereka terbuka, dan kemudian di kamar mandi muncullah sesosok pria ketakutan yang talanjang, Malcolm memintanya untuk tenang, namun pria tersebut, terus menanyakan apakah Malcolm masih mengenalinya. Selang beberapa saat ia pun mampu mengingat pria tersebut adalah salah satu pasiennya di masa lalu, yang bernama Vincent Gray(Donnie Wahlberg), Vincent menyatakan bahwa Malcolm telah gagal membantunya terlepas dari halusinasi yang diidapnya waktu ia masih kecil.

Do you know why you’re afraid when you’re alone? I do. I do.

(Vincent)

Akhirnya Vincent yang membawa pistol menembak perut Malcolm dan dia menembak kepalanya sendiri di kamar mandi.

Selang beberapa waktu, Malcolm mendapatkan pasien anak kecil yang mengidap masalah psikologi, yaitu bocah kecil 8 tahun bernama Cole Sear(Haley Joel Osment). Bocah kecil yang pendiam, suka ketakutan dan aneh.

Sementara itu hubungan Malcolm dan Ana makin renggang, terlebih ketika Malcolm merasa bahwa Ana sudah selingkuh di belakangnya dengan teman sekerjanya.

I’m ready to communicate with you now.

(Cole)

Pada awalnya Cole, sempat ragu, Malcolm dapat membantunya mengatasi permasalahannya, namun setelah mencoba dan mencoba akhirnya dia luluh, Malcolm akhirnya tahu bahwa Cole mampu melihat makhluk halus. Alasan yang membuat Cole seperti anak aneh yang pendiam dan terus merasa ketakutan sepanjang waktu.

Menyadari bahwa permasalahan yang dialami Cole sama dengan Vincent, Malcolm memberi nasehat kepada Cole untuk mencoba berkomunikasi dengan hantu yang ditemuinya. Setelah melaksanakan apa yang Malcolm sarankan, akhirnya Cole menyadari bahwa hantu-hantu yang ditemuinya adalah orang yang dulu meninggal dengan masih menyisakan suatu masalah yang belum terselesaikan.

They see only what they want to see.

(Cole)

Cole pun membantu mereka menyelesaikan masalah yang ingin mereka selesaikan.

Salah satu hantu yang ditemuinya adalah hantu anak perempuan yang dari mulutnya keluar muntahan, diketahui bernama Kyra Collins(Mischa Barton). Saat menghadiri acara kematian Kyra di rumah ayah Kyra,Mr.Collins(Greg Wood). Cole membantunya memberikan Kotak yang berisi rekaman kepada ayah Kyra.

Setelah diputar ternyata video rekaman tersebut berisi rekaman dimana ibu tiri Kyra, Mrs.Collins(Angelica Page) memberikan cairan pembersih lantai di makanan Kyra sehingga ia terus-terusan sakit hingga akhirnya meninggal.

Suatu hari Cole dan Ibunya, Lynn Sear(Toni Collette) pergi bersama dengan mengendarai mobil, ternyata jalanan macet, Cole menyatakan bahwa di depan jalanan telah terjadi kecelakaan dan korbannya meninggal. Ibunya Cole, tentu tidak begitu percaya, walau Cole menyatakan bahwa ia bisa melihat hantunya.

I don’t wanna be scared anymore.

(Cole)

Hingga akhirnya ibunya dibuat percaya dengan kisah yang dituturkan Cole bahwa Cole memberitahu bahwa arwah neneknya (Ibunya ibu Cole) sering datang kepada Cole dan memintanya untuk memberitahukan kepada Ibu Cole bahwa saat Ibunya Cole masih kecil dia ada di pertunjukan tariannya dan menyaksikannya walau dengan bersembunyi saat keduanya sedang marahan.

Grandma says hi. She says she’s sorry for taking the bumblebee pendant. She just likes it a lot.

(Cole)

Begitupula saat ibunya Cole ke pemakaman dan menanyakan apakah ibunya bangga kepadanya, jawabannya adalah setiap hari ia bangga kepadanya.

Kembali kepada Malcolm, dia pulang kerumahnya ketika mendapati Ana sedang berbaring tidur di sofa dengan rekaman pernikahan mereka   yang masih diputar.

Tak sengaja cincin pernikahan di tangan Ana terlepas dari genggaman dan jatuh, Malcolm baru menyadari bahwa dia tidak mengenakan cincin pernikahan lagi.

Artinya dia sudah menginggal ketika di tembak oleh Vincent, dan terus merasa hidup hanya karena dia masih memiliki urusan yang belum diselesaikan, yaitu membantu Vincent untuk mengatasi masalahnya yang ternyata sama dialami oleh Cole, dia pun mengatakan kepada Ana bahwa dia sangat mencintai Ana, dan baginya Ana selalu nomor 1, Malcolm pun akhirnya menghilang.

1

456  8

TOP QUOTES

I see dead people.

(Cole)

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Setiap wanita ingin menjadi yang pertama dan nomor satu bagi suaminya, dia tidak ingin diduakan dan dinomorduakan.

– Membantu menyelesaikan masalah orang lain mungkin bisa mempermudah kita menyelesaikan masalah kita.

TAHUKAH KAMU?

– Sang sutradara M.Night Shyamalan ikut berperan di film ini, yaitu sebagai dokter yang memeriksa Cole Sear (dokter yang berwajah india itu loh).

– Donnie Whalberg adalah saudara dari Mark Whalberg (TED 2013, The Fighter 2010, Shooter 2007)

– Donnie Whalberg sebelum merintis karir di dunia perfilman adalah seorang anggota boyband, New Kids on the Block,  sedangkan si Mark Whalberg adalah anggota grup hip hop, Marky Mark and the Funky Bunch.

– Peran pertama bagi Haley Joel Osment di film Hollywood adalah sebagai anak Forrest Gump (Forrest Gump 1994).

– Bagi kamu yang sudah pernah nonton film Krakatoa:The Last Days tahun 2006, masih ingatkah kamu akan pemeran wanita, istri dari pemeran utama, Willem Beijerinck, ya Johanna Beijerinck, dia diperankan oleh pemeran Olivia Williams.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: TIDAK (tapi ada adegan Vincent telanjang, tidak eksplisit) . Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: ADA, ada adegan Vincent bunuh diri(tidak eksplisit), ada adegan Vincent menembak Malcolm . Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: TIDAK . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA, wine . Bahasa Kasar: TIDAK . Adegan Menyeramkan: YA, BANYAK.

* Banyak adegan yang mengagetkan dan beberapa adegan yang menjijikkan.

OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– Penampilan akting Haley Joel Osment sebagai cole, bagus dalam memerankan anak kecil yang pendiam, bermasalah dan ketakutan sepanjang waktu, juga akting dari Bruce Willis, sampai-sampai kita tertipu akan fakta bahwa dia sudah meninggal di awal film.

– Bagi penyuka film drama thriller wajib nonton film ini, banyak adegan yang mengejutkan (terutama kemunculan hantunya) jadi pasti seru.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8.5

Advertisements

2 thoughts on “The Sixth Sense(1999), Aku Tak Ingin Ketakutan Lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s