The Departed(2006), Polisi dan Gangster antara Kebohongan, Pengorbanan & Pengkhianatan

DATA FILM

Sutradara: Martin Scorsese . Penulis Naskah: William Monahan, Alan Mak, Felix Chong. Bintang:  Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson,
Mark Wahlberg, Martin Sheen, Vera Farmiga . Durasi: 151 menit . Tahun Rilis: 2006.

PENGHARGAAN OSCAR

– Best Achievement in Directing , Best Achievement in Film Editing, Best Motion Picture of the Year, Best Writing, Adapted Screenplay (Menang).

– Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Dinominasikan).

2

“Lies. Betrayal. Sacrifice. How far will you take it?”

Cerita mengenai gangster? sudah biasa, cerita mengenai polisi pemberantas kejahatan?, sudah biasa, bagaimana kalau cerita polisi yang menyamar menjadi anggota gangster dan anggota gangster yang menyamar menjadi anggota polisi, nah itu baru luar biasa. Film ini adalah remake dari Internal Affair, film Hongkong tahun 2002 yang dibintangi Andy Lau. Melihat jajaran casting yang memukau dan sutradara favorit saya (sayangnya sebelum film ini Martin Scorsese lebih banyak nyarisnya di ajang oscar), tidaklah ragu untuk segera menonton film ini(terutama mengingat sepak terjang Scorses dalam menggarap film gangster, dia sukses dengan Goodfellas(1990)).

Film ini berkisah tentang anggota gangster yang disusupkan ke dalam anggota kepolisian, di saat yang bersamaan anggota polisi disusupkan ke Gangster. Cerita makin kompleks ketika gangster dan kepolisian masing-masing tahu bahwa di dalam organisasinya terdapat penyusup.

JALAN CERITA(PLOT)

Bersetting di Boston Selatan daerah yang rawan kasus kriminal, AS, seorang calon lulusan akademi kepolisian, William “Billy” Costigan Jr.(Leonardo DiCaprio) sengaja diminta oleh Kapten Queenan(Martin Sheen) dan Dignam(Mark Wahlberg), untuk keluar dari akademi kepolisian dan ditugaskan menjadi polisi undercover(polisi yang tidak tampak sebagai polisi pada umumnya) di gangster mafia milik Francis ” Frank” Costello(Jack Nicholson).

All due respect Mr. Costello, school is out.

(Costigan)

It’s a natural diuretic. My girlfriend drinks it when she’s got her period. What, do you got your period?

(Pria berkacamata di bar)

Queenan dan Dignam meminta Costigan agar terlebih dahulu dipenjara dan diminta melakukan kriminalitas kecil dan keributan, agar Costigan tampak meyakinkan tidak diterima di kepolisian. Sepak terjang beberapa anggota keluarga Costigan dalam dunia hitam memudahkan Costigan segera diterima menjadi anggota gangster Costello.

Choir practice. The point I’m making with John Lennon is: a man could look at anything, and make something out of it. For instance, I look at you and I think, “What could I use you for?”

(Costello)

Sementara itu dikepolisian sudah disusupkan oleh Costello, Colin Sullivan(Matt Damon) seorang lulusan akademi yang cerdas, membuatnya ditugaskan di SIU( Unit Spesialis Investigasi) Kepolisian daerah Massachusetts, yang tugasnya diantaranya adalah mengatasi kejahatan berencana, gangster dan pembunuhan.

Maybe. Maybe not. Maybe f*ck yourself. My theory on Feds is, they’re like mushrooms: feed them sh*t and keep them in the dark.

(Dignam)

Sullivan berkenalan dengan psikolog cantik bernama Madolyn Madden(Vera Farmiga), di sisi lain, Costigan juga sering menemui Madolyn untuk konsultasi psikologinya yang terguncang karena terlalu sering terpapar dengan kebrutalan para anggota gangster dalam melaksanakan aksinya. Diantara Costigan dan Madolyn, yang awalnya hanya hubungan antara dokter dan pasien akhirnya berlanjut menjadi teman tapi mesra. Sementara Sullivan dan Madolyn akhirnya tinggal bersama di satu apartemen.

Two pills? Great. Why don’t you just give me a bottle of scotch and a handgun to blow my f*cking head off! Are we done here with this psychiatry bullsh*t?

(Costigan)

Setelah Costello lolos dari sergapan polisi saat melakukan transaksi microchip yang mampu ditanamkan untuk pengendalian rudal dengan orang China, dia menyadari bahwa dalam organisasinya ada seorang penyusup, maka ditugaskanlah Sullivan untuk menyelidiki siapa dia.

Sullivan meminta Costello untuk mendata setiap anggota member gangster yang ada di organisasinya, termasuk Costigan dan memasukkan datanya ke dalam amplop. Salah satu anggota, Fitzgibbons “Fitzy”(O’ Hara) kesulitan dalam mengeja “citizen”, sehingga dia salah tulis di amplop menjadi”citizins”, Costigan membantunya dengan tulisan yang benar. Setelah selesai mengisi Costigan pulang ke rumah.

Costigan curiga bahwa di kepolisian juga telah disusupkan anggota gangster untuk memperlancar aksi mereka, diapun menguntit Costello ke dalam bioskop film porno, di sana dia melihat bahwa Costello memberikan amplop yang bertuliskan “Citizens” kepada Sullivan, Costigan menyadari bahwa Costello telah mendapatkan nama penyusup di organisasinya. Costello keluar dari bioskop sementara Sullivan keluar melalui pintu belakang, Costigan menguntitnya hingga ke Chinatown. Namun akhirnya tidak didapatnya anggota kepolisian palsu tersebut.

Esok harinya Queenan memberikan saran kepada Sullivan, jika ingin menangkap siapa sebenarnya penyusup di dalam kepolisian, dia harus mengikuti Costello, karena dia lah bosnya. Menyadari hal itu, Sullivan menggunakan logika terbalik, dia memerintahkan anggotanya untuk mengikuti kemanapun Queenan pergi dengan dalih bahwa Queenan adalah anggota gangster yang menyamar jadi polisi, demi mengungkap siapa polisi penyusup di organisasi Costello.

Hingga suatu saat, Queenan bertemu di atas gedung West 144, informam Sullivan melaporkan hal ini, polisipun membuntuti Queenan dan menunggu di jalan. Sementara itu Sullivan meminta agar anggota gangster menuju ke lokasi untuk menyergap polisi undercover tersebut. Termasuk Costigan yang ditelepon untuk ikut melakukan penyergapan. Menyadari hal ini, Costigan dan Queenan segera turun untuk kabur, namun mereka sudah didahului para anggota gangster yang sudah mulai masuk ke dalam gedung. Queenan memutuskan menghadapi mereka sementara Costigan turun melalui tangga darurat di samping gedung. Tak dinyana Queenan dilempar dari atas gedung, Costigan yang mendapati mayat Queenan, segera dipergoki oleh anggota gang yang lainnya, Costigan pun berpura pura baru datang. Sementara itu para anggota polisi segera beradu tembak dengan para anggota gang.

Don’t laugh! This ain’t Reality TV!

(Costello)

Akhirnya terungkaplah siapa polisi yang menyusup ke dalam anggota gangster yaitu, Delahunt(Mark Rolston), yang akhirnya mati karena tertembak. Karena kematian dari Queenan, Sullivan mengambil alih peran Queenan, yang merupakan atasan dari Dignam. Dignam merasa tidak terima hingga akhirnya menerima keputusan Kapten George Ellerby( Alec Baldwin) untuk memberhentikannya sementara waktu.

Cocksucker! I don’t have to f*cking explain anything to anybody! I can f*cking investigate anybody I f*cking want to!

(Sullivan)

Selanjutnya Sullivan mengetahui dari diari Queenan bahwa sebenarnya Costello adalah seorang informan untuk FBI, dia merasa takut bahwa dirinya nanti akan dikorbankan ke FBI. Melalui handphone Queenan, Sullivan dapat berkomunikasi dengan Costigan, memintanya untuk membatalkan misi, namun ditolak Costigan.

You’re an FBI informant? Are you f*cking kidding me?

(Sullivan)

Costigan akhirnya membantu Sullivan untuk mengungkap bahwa akan diadakan transaksi narkoba dalam jumlah besar. Akhirnya transaksi tersebut digrebek polisi, Costigan lolos dengan berpura-pura tidak ikut mobil para gangster, sementara itu Costello yang mencoba lolos berupaya menelepon Sullivan, terdengar suara telepon, Sullivan akhirnya berdebat dengan Costello karena ia tidak pernah memberitahukan bahwa dia informan FBI yang dengan kata lain membahayakan penyamarannya di kepolisian. Sullivan kemudian menembak mati Costello, operasi sukses besar.

Selanjutnya, Sullivan menjadi bintang di kepolisian karena aksinya meringkus Costello, Costigan datang ke kepolisian untuk meminta gajinya dan identitasnya dikembalikan. Sullivan sepakat untuk hal itu, tapi dia meminta password database Costigan untuk mengecek datanya di database kepolisian. Sementara Sullivan mengecek data Costigan di  ruangan sebelah, Costigan melihat amplop yang bertuliskan “Citizen” ada di tumpukan dokumen di meja Sullivan. Costigan sadar bahwa Sullivan adalah mata-mata di kepolisian, dia segera meninggalkan kantor kepolisian.

I got this rat, this gnawing, cheese eating f*ckin’ rat and it brings up questions… You know, see, Bill, like you’re the new guy. Girlfriend… Why don’t you stay in the bar that night I got your numbers. Social Security numbers. Everybody’s f*ckin’ numbers.

(Costello)

Sullivan yang mengetahui bahwa dokumen di meja kerjanya sudah dibuka segera sadar bahwa Costigan mengetahui bahwa dia adalah anggota gangster yang disusupkan ke kepolisian. Dia segera menhapus nama Costigan dari database kepolisian, dengan kata lain dia sudah tidak menjadi polisi lagi karena datanya di kepolisian sudah hilang.

Costigan segera menemui Madolyn dengan memberikan amplop tertutup, dengan pesan bahwa dia boleh membukanya ketika sesuatu terjadi dengan Costigan atau Costigan sendiri menelepon Madolyn untuk membukanya. Costigan segera pergi dan mengatur rencana.

Sementara itu Madolyn sedang memeriksa surat yang masuk ke kediamannya ketika mendapati sebuah surat yang dikirim Costigan ke Sullivan, didorong rasa penasaran dia segera membukanya, di dalamnya ada sebuah CD, dia segera memutarnya dan mendengarkannya melalui headset, Sullivan yang tadinya sedang mandi dan sekarang sudah selesai segera kaget karena Madolyn tertegun, Madolyn segera mencopot headset dari mesin pemutar sehingga rekaman suara terdengar keras. Diketahuilah bahwa itu adalah rekaman perbincangan antara Costigan dan Costello saat dia masih hidup, yang artinya Sullivan adalah benar penyusup di kepolisian. Madolyn yang ngambek segera masuk kamar dan menguncinya dari dalam.

Costigan menelepon Sullivan untuk menemuinya di gedung yang sama dengan tempat kematian Queenan. Sullivan segera datang ke atap gedung yang dimaksud.

Look, I got boxes of tapes, evidence, all of that! I got proof! He’s Costello’s rat!

(Costigan)

Costigan sudah siap dengan pistolnya, segera menghajar Sullivan, kemudian muncullah polisi Brown(Anthony Anderson), teman seangkatan Costigan di kepolisian dengan menodongkan senjata juga, setelah sempat terjadi perdebatan, dengan menyandera Sullivan Costigan segera turun dengan lift. Yang mengejutkan ternyata polisi Barrigan(James Badge Dale) yang sudah siap dengan pistolnya segera menembak mati Costigan. Kemudian munculah polisi Brown, Barigan segera menembak mati dia juga.

Barrigan memberitahu Sullivan bahwa dia yang selama ini menjadi assisten dari Sullivan adalah seorang gangster juga dan meminta Sullivan untuk saling menjaga satu sama lain. Namun Sullivan yang memegang senjata segera menghabisi Barrigan.

Hingga suatu hari, Dignam yang kemarahannya sudah memuncak kepada Sullivan menunggunya di apartemennya, tanpa basa basi dia menembak kepala Sullivan.

Cerita diakhiri dengan kemunculan tikus di apartemen Sullivan.

5781619

4

TOP QUOTES

When you decide to be something, you can be it. That’s what they don’t tell you in the church. When I was your age they would say we can become cops, or criminals. Today, what I’m saying to you is this: when you’re facing a loaded gun, what’s the difference?

(Costello)

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat bernilai, bahkan lebih bernilai dari uang.

– Apa yang harus anda lakukan ketika kediaman anda ada “tikus”, tidak lain adalah segera menghabisinya, karena “tikus” selain bersifat merusak dari dalam sejatinya dia juga licik.

– Kepercayaan yang anda berikan kepada orang bisa menjadi bumerang bagi anda, bahkan orang terdekat sekalipun bisa menusuk anda dari belakang, dekatlah dengan teman anda, tapi lebih dekatlah dengan musuh anda, tetap waspada.

TAHUKAH KAMU?

– Film ini mengantarkan sang sutradara, Martin Scorsese meraih piala Oscar pertamanya, setelah hanya dinominasikan berkali-kali di film-filmnya, seperti, Raging Bull (1980), The Last Temptation of Christ (1988), Goodfellas (1990), The Age of Innocence (1993), Gangs of New York (2002), The Aviator (2004).

– Diantara keempat bintang di film ini, hingga tahun ini, 2013, dua diantaranya pernah memenangkan oscar(Jack Nicholson & Matt Damon), dua diantaranya belum pernah sama sekali( Leonardo DiCaprio & Mark Wahlberg).

– Jack Nicholson menolak untuk menggunakan topi Boston Red Sox (Film ini bersetting di Boston Selatan), dan memilih menggunakan topi New York Yankee, tentu saja, karena ia adalah merupakan fans New York Yankee.

– Robert De Niro sebetulnya dipilih untuk memerankan Queenan, tapi dia lebih memilih untuk bermain di film The Good Sheperd(2006) – juga bersama Matt Damon dan Alec Baldwin, sedangkan Ray Liotta(Henry Hill – Goodfellas) diplot untuk memerankan Dignam tapi enggan ikut bermain akhirnya.

– Film ini adalah film yang paling banyak menggunakan kata “F*ck” dan turunannya yang memenangkan Best Motion Picture di ajang Oscar (237 kali).

– Film ini adalah film remake dari film Internal Affair(2002) – Hongkong, dan satu-satunya remake film asing yang memenangkan best picture oscar.

– Robert Wahlberg (yang berperan sebagai orang FBI, Lazio) adalah saudara dari Mark Wahlberg & Donnie Wahlberg.

– Mark Whalberg sebelum merintis karir di dunia perfilman adalah seorang anggota  grup hip hop, Marky Mark and the Funky Bunch.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, ada adegan ciuman dan melepas busana, ada adegan memperlihatkan penis . Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA, banyak . Adegan Berdarah: YA, banyak . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: YA . Adegan Minum Minuman Keras: YA . Bahasa Kasar: YA, Banyak . Adegan Menyeramkan: YA, banyak tembakan di kepala.

OVERALL: 25+(sangat dewasa)

KESIMPULAN:

– Tidak diragukan lagi, film ini sangat seru dan menegangkan, dengan adu akting aktor papan atas hollywood, film remake ini sangat wajib ditonton.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s