The Town(2010), Kisah Perampok Bank Professional di Boston

DATA FILM

Sutradara: Ben Affleck . Penulis Naskah:Peter Craig, Ben Affleck, Aaron Stockard( Skenario) & Chuck Hogan(Novel “Prince of Thieves”). Bintang:  Ben Affleck, Rebecca Hall, Jon Hamm, Jeremy Renner, Blake Lively . Durasi: 125 menit . Tahun Rilis: 2010.

PENGHARGAAN OSCAR

-Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Dinominasikan).

1

“Welcome to the bank robbery capital of America.”

Melihat poster filmnya, tentu kita akan menebak nebak seperti apa film ini, Film ini adalah bercerita tentang para perampok bertopeng dan berkostum seram, karya sutradara muda Ben Affleck, mantan aktor yang berperan di film-film berkualitas sedang semacam Armageddon dan Pearl Harbor, satu satunya film yang dibintanginya yang lumayan keren adalah Good Will Hunting arahan Gus Van Sant. Ternyata setelah menontonnya saya mengacungi jempol untuk kehebatan dari Ben Affleck, sepertinya dia lebih cocok sebagai sutradara daripada sebagai aktor.

Film ini benar-benar seru!

JALAN CERITA(PLOT)

Film bersetting di daerah Charlestown, Boston, US, sekelompok perampok bank professional, berawakkan, Doug MacRay(Ben Affleck), si ketua gang; James “Jem” Coughlin(Jeremy Renner), seorang kriminal yang pernah dipenjara karena membunuh seorang anak ketika dia masih kecil; Albert “Gloansy” Magloan(Slaine), si gendut yang ahli dalam pencurian mobil, dan Desmond “Dez” Elden(Owen Burke), mantan pekerja di Vericom,  yang jago masalah IT. Suatu hari mereka telah selesai merampok suatu bank di daerahnya, dengan alasan untuk tawanan, mereka membawa serta manajer bank,Claire Keesey(Rebecca Hall). Selanjutnya mereka membebaskannya di pinggir pantai.

Boston Sanding Gravel, I break rocks. Punch the ticket at the end of the day, slide down the back of a brontosaurus like Fred Flintstone, call it a night.

(Doug)

Mengetahui bahwa ternyata Claire tinggal hanya beberapa blok dari tempat tinggal mereka, Doug kemudian hari menguntit Claire untuk memastikan bahwa ia tidak memberikan kesaksiannya kepada FBI. Keduanya kemudian bertemu di tempat laundry, akhirnya di antara keduanya terjalin jalinan kasih. Doug pun meminta Claire untuk menemaninya nanti memulai kehidupan di Florida. Doug makin dekat kepada Claire, terutama kepada dia setelah Claire mengungkapkan bahwa saat perampokan terjadi dia sempat melihat tato salah seorang anggota gang perampok( Jem ), Doug merasa harus melindungi Jem dengan mencegah Claire mengungkapkan hal ini kepada FBI.

When the guy attacked David, I could see the back of his neck and he had a tattoo.

(Claire)

Suatu hari Claire mengungkapkan bahwa ia pernah dilempar botol oleh seorang brandalan di daerahnya, sehingga membuatnya takut lewat jalan dan memilih jalan memutar. Doug segera menyelidiki pelaku pelempar botol tersebut dan menghajarnya habis-habisan bersama Jem.

I need your help. I can’t tell you what it is, you can never ask me about it later, and we’re gonna hurt some people.

(Doug)

Sementara itu FBI yang diketuai agen Adam Frawley(Jon Hamm) dibantu Dino Ciampa(Titus Welliver) makin intens melakukan penyelidikan atas kejadian perampokan bank tersebut. Akhirnya muncullah nama Fergus “Fergie” Colm(Pete Postlethwaite), yang ternyata selain bekerja di Florist(toko bunga) juga adalah dalang dari perampokan tersebut, dengan menggunakan toko bunga sebagai kedok kejahatannya.

Menyadari bahwa Doug dkk adalah pelaku lapangannya, Adam segera menangkap mereka. Namun setelah diinterogasi, ia tidak bisa menemukan bukti yang menguatkan tuduhannya kepada Doug dkk, mereka akhirnya terpaksa dilepaskan kembali.

Yeah. It’s all the love I get that makes the homecoming feel so warm. Fifty people here; eyewitness sees these guys. You’ll get fifty hands on a Bible, say they never saw nothing.

(Dino)

Fergie menyusun rencana untuk merampok di Fenway Park, karena mengetahui bahwa disana akan ada banyak uang. Ia pun memaksa Doug dan Jem untuk setuju dengan rencana tersebut, karena Doug sempat menolak rencana tsb. Akhirnya terungkaplah bahwa Fergie lah yang dahulunya membuat Ibu Doug kecanduan narkoba hingga ia akhirnya bunuh diri, dan lebih parahnya lagi ia mengebiri ayah Doug karena pernah menolak untuk melakukan kriminalitas yang diminta Fergie.

Remember who clipped your nuts for you.

(Doug)

Dengan mengetahui bahwa Doug sedang dekat dengan Claire, Fergie memaksa Doug melakukan perampokan ini. Dengan mengirim karangan bunga kematian ke rumah Claire melalui pengawalnya.

Menyadari itu Doug setuju ikut dengan rencana Fergie, dengan catatan bila sesuatu yang buruk terjadi, dia akan menghabisi Fergie dan anak buahnya.

Alright. I’m in. But if anything happens to her, if I think anything might happen to her… I’m gonna come back here, and I’m gonna kill both of you in your own shop.

(Doug)

You know they either geld a horse with a knife or with chemicals. When your Daddy said “NO” to me, I did him the chemical way.

(Fergie)

Memanfaatkan Krista Coughlin(Blake Lively), teman kencan Doug, yang juga adiknya Jem, Adam mengungkap bahwa Krista adalah pembawa narkoba yang dipasarkan oleh Fergie.

There he is; Mr Six Inches

(Krista)

Setelah memberitahunya bahwa Doug memberikan hadiah kalung mahal untuk  Claire, Krista segera menghampiri Doug dan melabraknya. Hubungan keduanya sempat panas. Krista pun memberikan keterangan kepada Adam bahwa Doug akan melakukan rencana perampokan lagi.

Di hari perampokan Doug dan Jem yang berkostum Polisi Boston sudah berhasil mengambil uang cash sebesar 3.5 juta dollar. Berbekal informasi dari Krista Adam dan anggota kepolisian sudah mengepung tempat perampokan Doug. Doug dkk sudah terkepung, mereka segera berganti kostum menjadi petugas ambulans Boston, polisi segera masuk dan terjadilah baku tembak. Dez akhirnya mati. Sementara Gloansy mencoba mengalihkan perhatian polisi dengan membawa mobil ambulans mengebut dan menabrakkan diri, sebelum akhirnya juga mati. Doug dan Jem kembali menggunakan kostum polisi untuk mengelabuhi polisi.

Dengan membawa uang dalam tas, mereka berdua berpisah. Tanpa disangka Adam membuntuti Jem, akhirnya Jem yang menolak untuk ditangkap baik-baik ditembak mati oleh para polisi.

Doug yang tahu bahwa perampokan yang gagal akan mengancam keselamatan Claire dari Fergie, langsung mendatangi toko bunga Fergie dan membunuh Fergie dan pengawalnya. Selanjutnya dia menuju ke kediaman Claire, sebelumnya Doug menelepon Claire memberitahukan bahwa ia akan datang. Mengetahui bahwa rumah Claire sudah dipenuhi polisi Boston dan FBI, Claire memberi kode kepada Doug untuk pergi, dengan mengatakan ‘It’ll be just like one of my sunny days.’. Doug segera pergi dari Boston menuju Florida menggunakan bus. Sementara itu Claire menemukan satu tas berisi uang, jeruk dan surat dari Doug memberitahukan kepada Claire untuk menggunakan uang tersebut.

Quinlan: Don’t they pay you to fight in hockey?

Dino: Not the guys on your own team.

Dengan uang dari Doug, Claire menyumbangkannya ke arena Hoki daerah tersebut dengan catatan sumbangan tersebut untuk mengingat mendiang ibu Doug (Doug semasa mudanya pernah bermain di klub hoki tersebut sebelum dikeluarkan karena terlalu banyak membuat keributan dengan sesama anggota tim). Sementara itu Doug sudah tinggal aman di Florida.

No matter how much you change, you still have to pay the price for the things you’ve done. So I got a long road. But I know I’ll see you again – this side or the other.

(Doug)

3

4

8

5 6 The Town

TOP QUOTES

“It’ll be just like one of my sunny days”

(Claire)

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Kadang suatu momen dalam kehidupan kita, pertemuan kita dengan seseorang bisa merubah hidup kita selamanya.

– Kadang kita bisa merasa bahwa masa lalu kita sangat buruk dan kelam, kita tetap bisa memilih apakah ingin hidup dengan masa lalu kita atau hidup dengan harapan masa depan yang lebih baik.

TAHUKAH KAMU?

– Ben Affleck adalah teman baik dari Matt Damon, keduanya pernah mendapatkan piala oscar untuk naskah skenario film Good Will Hunting(2007) yang mereka tulis. Ben Affleck lebih cenderung bermain di film yang kurang bagus, sementara Matt Damon banyak bermain di film yang bagus dan sukses, seperti Saving Private Ryan(1998), Ocean Trilogy(2001,2004,2007), Invictus(2009), The Departed(2006) dan Bourne Trilogy(2002,2004,2007).

– Ben Affleck pernah memberikan pernyataan bahwa “wanita cantik membuatnya takut”, ia pernah berkencan dengan Gwyneth Paltrow, Jennifer Lopez and Jennifer Garner(akhirnya dinikahi), ironi.

– Film berpuncak pada perampokan di Fenway Park, seperti diketahui bahwa Fenway Park adalah markas dari tim bisbol kebanggaan masyarakat Boston, Boston Red Sox, Ben Affleck(dan Matt Damon) adalah fans dari Boston Red Sox.

– Masih mengenai Ben Affleck dan Matt Damon, keduanya pernah memenangkan penghargaan Sexiest Man Alive vesi majalah PEOPLE, Ben di tahun 2002 dan Matt di tahun 2007.

List lengkapnya baca di sini.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA . Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: YA . Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA . Bahasa Kasar: YA . Adegan Menyeramkan: TIDAK.

OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– Film besar ke dua dari sutradara muda merangkap aktor Ben Affleck, setelah Gone Baby Gone(2007), cukup enak ditonton, kisah perampokan diceritakan dengan seru dan menegangkan, dilengkapi dengan kisah romantisme diantara tokohnya, menjadikan kita simpati kepada mereka di akhir kisah.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

7.5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s