Rosemary Baby(1968), Thriller Psikologis Ibu Bayi Setan

DATA FILM

Sutradara: Roman Polanski . Penulis Naskah: Ira Levin(Novel), Roman Polanski(Skenario) . Bintang:  Mia Farrow, John Cassavetes, Ruth Gordon . Durasi: 136 menit . Tahun Rilis: 1968.

PENGHARGAAN OSCAR

– Best Actress in a Supporting Role (Menang).

– Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium (Dinominasikan).

5

“Pray for Rosemary’s Baby.”

Jika dihadapkan pada dua pilihan akan film horror dan film thriller, pastinya saya lebih memilih thriller. Mari saya berikan pencerahan akan arti film horror dan film thriller, film horror lebih berfokus pada karakter yang menyeramkan (semisal kuntilanak, pocong, arwah, tuyul dan sebangsanya) sedangkan thriller lebih kepada manusianya. Untuk thriller psikologis, yang diserang dan diexploitasi habis-habisan adalah psikologi dari pemerannya.

Di samping itu film horror lebih banyak mengagetkan penonton dengan adegan yang tiba-tiba (kalau diibaratkan dengan berhitung seperti ini, kita langsung mengatakan 6, tanpa menyebut angka 1 s/d 5, itu horror), sedangkan film thriller lebih berfokus pada bagaimana membangun suatu ketegangan dari awal hingga akhirnya meledak di akhir film, mungkin lebih banyak yang menyebutnya dengan suspense thriller – hitchcock banget nih – (kalau diibaratkan berhitung seperti 1,2,3,4,5,6,7,8,9, dan akhirnya sampai pada puncaknya di angka 10).

Jadi wajarlah jika saya lebih menyukai film thriller, apalagi thriller psikologis, lebih seru, lebih menegangkan, lebih membekas, lebih berkelas.

Salah satu film thriller psikologis yang akan saya bahas kali ini adalah film lawas bersetting tahun 60 an dari garapan sutradara kontroversial nan berkelas Roman Polanski berjudul Rosemary’s Baby, lets begin…

JALAN CERITA(PLOT)

Diangkat dari cerita novel karangan Ira Levin, film ini dibuka dengan pasangan suami istri muda yang pindah ke apatemen baru mereka, apartemen Bramford di daerah New York. Sang istri adalah ibu rumah tangga, bernama Rosemary Woodhouse sedangkan sang suami adalah seorang aktor, bernama Guy Woodhouse. Masa lalu yang kelam dari apartemen yang mereka tempati tidak menghalangi keinginan mereka untuk tetap memilih apatemen tersebut, selain karena apartemen tersebut lebih luas dari apatemen lainnya juga karena apartemen tersebut indah.

Awful things happen in every apartment house.

(Rosemary)

Segalanya berlalu dengan sangat menggembirakan bagi Rosemary(Mia Farrow) dan Guy(John Cassavetes), mereka sangat bahagia dengan kepindahan mereka ke apartemen mereka ini. Hanya satu yang menjadi ganjalan di pikiran mereka saat ini, yaitu Rosemary yang ingin segera memiliki bayi. Walaupun begitu Rosemary bahkan mendapatkan teman di tempat laundry bernama Terry Gionoffrio(Victoria Vetri).

Hingga suatu malam ketika mereka pulang bersama dari luar mereka mendapati di depan apartemen mereka terjadi kasus bunuh diri. Yang makin mengejutkan adalah ternyata wanita yang bunuh diri dengan terjun dari lantai apartemennya adalah Terry, Rosemary pun terkejut tak percaya. Sejenak kemudian datanglah pasangan lansia, Minnie & Roman Castevets(Ruth Gordon and Sidney Blackmer) mendatangi tempat kejadian tersebut, mereka pun kaget karena Terry adalah . Rosemary sempat memberikan beberapa keterangan perihal Terry dan informasi bahwa Terry memiliki saudara di Angkatan Laut AS.

Esoknya setelah kejadian tersebut Minnie(si nenek super cerewet) mengundang Rosemary dan Guy untuk makan di apartemen mereka, meskipun sempat ragu untuk datang, keduanya akhirnya memutuskan untuk datang. Di rumah pasangan Castevets keduanya disambut dengan ramah, bahkan Minnie sempat memberikan kalung unik berisi Tanas Root yang menghasilkan aroma aneh dan dipercaya sebagai kalung pembawa keberuntungan, Rosemary pun terpaksa memakainya dengan dalih menghormati Minnie walaupun dia tidak menyukai aroma yang ada di kalung tersebut, selain itu dia juga takut mengingat Terry sempat memamerkan kalung yang sama dengan kalung itu sebelum akhirnya dia meninggal.

Seusai makan malam, Rosemary bercengkerama dengan Minnie, sementara Guy berbincang dengan Roman di ruang depan. Beberapa hari kemudian Rosemary dan Guy pun memutuskan untuk segera memiliki momongan, mereka pun merencanakan malam yang spesial dengan diawali dengan makan malam, seusai makan malam, bel pintu pun berbunyi, yang ternyata Minnie datang dengan membawa pencuci mulut. Hal ini tidak disia-siakan Rosemary dan Guy untuk menutup makan malam mereka dengannya.

Walaupun Rosemary merasa ada yang aneh dengan rasa secangkir Coklat Mousse yang diberikan Minnie, ia terpaksa berpura-pura menghabiskan miliknya karena tekanan dari Guy (sebenarnya Rosemary tidak menghabiskannya, tapi menumpahkannya dan selanjutnya membuangnya di tempat sampah), usai acara makan malam Rosemary merasa tidak enak badan dan sempat terjatuh, Guy membawanya ke tempat tidur.

Kejadian makin menjadi saat Rosemary dalam mimpinya merasa bahwa is diperkosa oleh sesosok makhluk menyeramkan didepan banyak orang, terutama di depan Guy. Berikut mimpi ia dijadikan persembahan bagi ritual satanisme.

This is no dream! This is really happening!

(Rosemary)

Esok paginya Rosemary terbangun dengan beberapa luka cakaran di punggungnya, ia pun sedih. Guy segera menenangkannya dengan mengatakan bahwa dia sudah bercinta dengan Rosemary sepanjang malam dan meminta maaf karena sudah mencakar-cakarnya tadi malam.

 I dreamed someone was raping me. I think it was someone inhuman.

(Rosemary)

Selang beberapa waktu, selain Guy yang karirnya makin menanjak, terutama setelah pemeran utamanya mengalami kebutaan secara mendadak, akhirnya Rosemary pun hamil, kejadian ini adalah berita gembira pada awalnya dia cuma ingin berbagi kebahagiaan ini dengan suaminya, namun Guy berpendapat lain, bahwa ia harus memberitahu Minnie dan Roman akan berita gembira ini.

Walaupun Rosemary mendapatkan saran dari kawannya, Elise(Emmaline Henry) untuk membawa kandungannya ke dokter Hill, ia terpaksa mengikuti saran dari pasangan Minnie dan Roman untuk membawa kandungannya ke dokter pilihan mereka, yaitu dokter Dr. Abraham “Abbe” Sapirstein(Ralph Bellamy), dan hari demi hari Minnie memberikan ramuannya untuk dikonsumsi oleh Rosemary, hal ini pun dibenarkan dokter Abbe  dibandingkan dengan mengkonsumsi pil dari apotek.

Tak seperti kebanyakan ibu hamil, kehamilan Rosemary sangat aneh, selain berat badannya yang makin menurun, dia pun merasakan kesakitan yang luar biasa dalam kandungannya, selain itu dia menjadi memiliki kebiasaan aneh yaitu gemar memakan daging mentah dan hati ayam, sesuatu yang misterius.

Salah satu teman Rosemary, Hutch sempat mengingatkan Rosemary akan kondisinya saat ini. Diapun segera melakukan riset mendalam terhadap apa yang dialami Rosemary. Hingga pada suatu malam dia menelepon Rosemary untuk mengajaknya bertemu keesokan harinya, Guy yang mendengar rencana pertemuan Rosemary dengan Hutch pun tidak menyukaiinya.

Pregnant women are supposed to gain, not lose weight!

(Hutch)

Esok harinya Rosemary berangkat untuk bertemu dengan Hutch, di jalan dia merasakan bahwa kalung pemberian Minnie hanya membawa keburukan baginya, ia pun membuang kalung tersebut ke lubang pembuangan air.

Rosemary yang sudah menunggu lama di tempat perjanjian dibuat kecele karena Hutch tidak kunjung datang, ia akhirnya bertemu dengan Minnie yang berencana untuk keluar belanja, Minnie akhirnya mengajak Rosemary untuk pulang dengan taksi.

He told me to make sure and tell you: the name is an anagram.

(Grace)

Diketahui akhirnya bahwa Hutch terkena koma. Hingga akhirnya tiga bulan kemudian di meninggal. Sebelum meninggal dia berniat memberikan sebuah hadiah buku untuk Rosemary, akhirnya Grace, teman Hutch yang memberikan buku tersebut ke Rosemary dengan diikuti dengan pesan pribadi dari Hutch bahwa ” Namanya adalah anagram (huruf yang diacak)”, berbekal kedua hal tersebut akhirnya Rosemary menyimpulkan bahwa nama Roman Castevet (R-O-M-A-N__C-A-S-T-E-V-E-T) adalah anagram dari Steven Marcato (S-T-E-V-E-N__M-A-R-C-A-T-O), keturunan dari bekas penghuni Apartemen Bramford yang tak lain adalah pemuja setan.

Unspeakable… unspeakable!

(Rosemary)

Rosemary yakin bahwa pasangan tetangga Minnie dan Roman adalah pemuja setan juga, bahkan sang suami Guy pun ikut terlibat demi menyelamatkan karir aktornya dengan mengorbankan sang bayi sebagai persembahan, begitupula dengan penunjukan Dr.Sapirstein.

They use blood in their rituals, and the blood with the most power is baby’s blood!

(Rosemary)

Begitu ketakutannya dia  akan konspirasi yang dijalankan oranng-orang di sekelilingnya, dia mencoba mencari perlindungan kepada satu-satunya orang yang dia percaya yaitu, Dr.Hill(Charles Grodin). Didatangilah tempat dokter Hill untuk diminta perlindungan.

Namun tanpa disangkanya justru Dr.Hill menghubungi Guy dan Dr.Sapirstein yang akhirnya membawa Rosemary pulang ke apartemennya. Setelah sempat kabur di lift akhirnya Rosemary pun harus pasrah karena ia di tangkap beramai ramai oleh banyak orang. Setelah sempat tertidur karena suntikan yang diberikan Dr.Sapirstein, Rosemary terbangun dengan keterkejutan karena bayi yang ada di dalam perutnya sudah hilang. Guy pun mengatakan bahwa si bayi sudah tiada.

Walau begitu, air susu Rosemary masih diminta untuk disedot dengan alat penyedot susu bayi, tambah heranlah Rosemary dengan hal ini.

Didorong oleh suara bayi yang masih menggema di telinganya, Kemudian dengan melalui pintu rahasia yang ada di dalam tempat menyimpan baju, Rosemary yang membawa pisau untuk berjaga-jaga masuk ke ruangan, di dalamnya ternyata banyak wanita tua, Minnie, Roman dan Guy, serta si bayi yang sudah ada di dalam keranjang bayi, Rosemary segera melihatnya, dan alangkah terkejutnya ketika ia menyaksikan bahwa si bayi bermata cacat.

He chose you, honey! From all the women in the world to be the mother of his only living son!

(Minnie)

Tak berhenti keterkejutannya saat diberitahu bahwa si bayi adalah anak dari Rosemary dengan setan bukan dengan Guy. Ia pun tidak habis pikir bagaimana semua hal ini bisa terjadi. Akhirnya setelah ditenangkan, Guy meminta Rosemary untuk menjadi ibu si bayi(yang dinyatakan bernama Adrian), meskipun jika ia tidak mau ia tidak harus bergabung dengan kumpulan wanita tua.

Film ditutup dengan Rosemary yang mengayunkan keranjang bayi.

TOP QUOTES

Witches… All of them witches!

(Rosemary)

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Seorang ibu akan melakukan apapun demi anaknya, bahkan saat sang anak belum lahir.

6

9 10   137

TAHUKAH KAMU?

– Roman Polanski bersama Brandon Lee(putra Bruce Lee), Chuck Norris, Kareem Abdul-Jabbar, adalah murid Bruce Lee

– Mia Farrow (Rosemary Woodhouse) adalah mantan istri Frank Sinatra(Penyanyi) dan mantan pasangan Woody Allen(Sutradara).

– Walaupun film ini berjudul Bayinya Rosemary, namun tidak ada satu scene pun yang memperlihatkan penampakan dari bayi tersebut.

– Cover majalah TIME yang dilihat Rosemary, berjudul “Is God Dead” adalah cover nyata, tertanggal 8 April 1966, cek di sini.

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, BANYAK (ada beberapa adegan telanjang) . Homoseksualitas/ Lesbian: TIDAK . Adegan Kekerasan: TIDAK, tapi ada tayangan korban bunuh diri dengan terjun dari lantai apartemen . Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA, wine . Bahasa Kasar: TIDAK . Adegan Menyeramkan: YA.

*Catatan: Ada adegan Rose diperkosa setan & adegan Rose menjadi persembahan ritual setan(Very Explicit).

OVERALL: 25+(sangat dewasa)

KESIMPULAN:

– Film horror psikologis yang lebih banyak berkutat pada psikologi Rosemary, thriller dan ketegangan dibangun perlahan di awal hingga akhir film. Ada banyak adegan eksplisit dan telanjang, sangat tidak dianjurkan bagi remaja dan anak-anak.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

8

Advertisements

One thought on “Rosemary Baby(1968), Thriller Psikologis Ibu Bayi Setan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s