The Shawshank Redemption(1994), Menyibukkan Diri Dengan Harapan

DATA FILM

Sutradara: Frank Darabont . Penulis Naskah: Stephen King . Bintang: Tim Robbins, Morgan Freeman . Durasi: 142 menit . Tahun Rilis: 1994

PENGHARGAAN OSCAR

– 7 Nominasi Oscar (Best Actor in a Leading Role, Best Cinematography, Best Film Editing, Best Music, Original Score, Best Picture, Best Sound, Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published), tanpa memenangkan satu piala Oscar pun.

Image

“Fear can hold you prisoner. Hope can set you free.”

Menempati ranking pertama di Top 250 IDMB,tak membuat saya langsung tertarik untuk menyegerakan menonton film ini, bahkan sebelum menonton The Shawshank Redemption ini, untuk 10 besar Top 250 IDMb saja, saya sudah menonton Pulp Fiction, The Good, The Bad and The Ugly, The Dark Knight, 12 Angry Men dan Fight Club. Didasarkan pada pemikiran dangkal bahwa film yang bersetting di penjara pastinya membosankan, apalagi saya belum pernah mengenal Tim Robbins(bermain dalam film Top Gun(1986) bersama Tom Cruise & Meg Ryan) sebelumnya, ternyata saya salah,  karena pada akhirnya setelah saya menonton film ini, film ini bagus dan berkesan. Selain penuh dengan twist(kejutan), juga penuh dengan pelajaran kehidupan yang membuat saya menonton ulang untuk lebih memahaminya.

Saran saya sebelum menonton film ini jangan sekalipun melihat bocoran isi film ini karena bisa mengurangi kenikmatan dalam menonton film ini(termasuk melihat Jalan Cerita/ Plot yang saya tulis di bawah ini).

Pada akhirnya, selamat menonton film ini dan saya yakin anda tidak akan kecewa.

JALAN CERITA(PLOT)

Film ini bercerita di tahun 1974 seorang bankir muda, Andrew “Andy” Dufresne(Tim Robbins) dipenjara karena dituduh membunuh istri dan selingkuhannya, seorang pegolf professional, di kediaman si pegolf. Pada kenyataannya Andy memang sempat datang ke kediaman si pegolf, menunggu di luar dengan keadaan mabuk dan menyiapkan pistol, mengurungkan niatnya untuk masuk ke kediaman si pegolf, dan akhirnya memutuskan pulang dan membuang pistolnya di sungai. Pihak pengadilan pun tidak langsung percaya dengan cerita Andy, dan lebih mengungkapkan kenyataan bahwa pistol Andy tidak ditemukan di sungai sehingga tidak bisa dipastikan cerita Andy adalah benar adanya.

Akhirnya Andy diputuskan bersalah dan dijebloskan ke penjara. Setelah masuk penjara Shawshank, Andy yang pendiam berteman dengan Ellis “Red” Redding(Morgan Freeman), seorang narapidana negro yang dihukum penjara karena kasus pembunuhan juga. Uniknya Red, yang di luar penjara bukan siapa-siapa, di dalam penjara Shawshank dia adalah narapidana spesial yang mampu menyediakan barang-barang yang direquest  para narapidana lainnya, Andy (yang juga memiliki pengetahuan Geologist) pun meminta sebuah kampak kecil dan poster Rita Hayworth.

Berada dalam penjara dan segala aktivitasnya, membuat Andy bertemu dan bersosialisasi dengan narapidana lainnya, termasuk Geng “The Sisters”, yang dipimpin Bogs kelompok gay yang nantinya sering mencoba melakukan eksploitasi seks kepada Andy, beruntung Andy bukan type narapidana yang menyerah, dia memiliki tekad untuk melawan mereka.

Dua tahun kemudian pada saat dipekerjakan di luar, Andy mendengar bahwa kepala penjaga penjara, Byron Hadley memiliki kesulitan dalam menganalisis pajak dan tagihannya. Andy, yang punya dasar ilmunya menawarkan diri untuk membantunya, walaupun sempat diragukan akhirnya kepala penjaga penjara pun setuju, jadilah Andy mulai sibuk dengan urusan tsb.

Kelakuan “The Sisters” yang makin kurang ajar, dan menghajar Andy sampai babak belur berujung pada dihukumnya Bog ke dalam kamar gelap selama 1 minggu, setelah masa hukumannya selesai, Bog pun dihajar habis-habisan oleh kepala penjaga penjara di sel nya, yang mengakibatkan ia harus dikirim ke bagian perawatan, sejak itu Andy pun aman dari “The Sisters”. Di samping itu, Andy juga dipekerjakan oleh Pimpinan Lapas yang suka dengan Alkitab dan menerapkan kedisiplinan tinggi di lingkungan penjara, Warden Samuel Norton, untuk bekerja di perpustakaan Lapas, dimana ia membantu Brooks Hatlen.

I believe in two things, discipline and the Bible… Here you’ll receive both.

(Warden)

Brooks, seorang narapidana tua yang menhabiskan sebagian besar hidupnya  di dalam penjara, selain itu Andy juga rajin menulis ke pemerintah agar perpustakaan di Lapas mendapatkan bantuan dana untuk pengembangannya, yang pada akhirnya dana dari pemerintah pun dikucurkan dan perpustakaan Lapas makin berkembang.

Mengetahui bahwa Andy dulunya adalah Bankir, Norton pun meminta Andy untuk membantunya membereskan laporan keuangannya fiktifnya.

You know, the funny thing is, on the outside I was an honest man, straight as an arrow, I had to come to prison to be a crook.

(Andy)

Lima tahun kemudian, Brooks Hatlen, yang menghabiskan 50 tahun di penjara sudah bebas, ia pun pergi untuk hidup di masyarakat normal, bekerja di supermarket. Walaupun begitu, ia merasa bahwa tempat yang paling tepat baginya adalah di penjara, karena itulah ia merasa tertekan, yang pada akhirnya memilih untuk gantung diri di apartement nya.

Di tahun 1965, masuklah seorang narapidana muda dan enerjik, dia adalah Tommy, tanpa perlu waktu lama, ia pun berteman dengan Andy dan Red. Beberapa waktu kemudian ia dibantu oleh Andy untuk belajar membaca hingga lulus ujian. Tommy yang sudah keluar masuk penjara mengaku pada Andy bahwa ia pernah bertemu dengan teman sepenjara yang mengaku membunuh seorang wanita yang sedang berselingkuh dengan seorang pria, Tommy menceritakan bahwa teman narapidananya tersebut tahu bahwa suami sang wanitalah yang pada akhirnya dipenjara karena diduga sebagai tersangka pembunuh. Mengetahui hal ini Andy pun melaporkan hal ini kepada Norton, dengan harapan dapat membantu dirinya untuk lepas dari hukuman, ditambah dengan kesaksian yaitu dari Tommy.

Young Punk. Mr. “Rock and Roll.” Cocky as hell. We liked him immediately.

(Red)

Mentah-mentah pun Norton menolak pernyataan dari Andy tersebut, yang lebih disebabkan ia tidak ingin kehilangan Andy yang telah banyak membantunya menagani laporan keuangan fiktifnya dan mengetahui banyak boroknya, akhirnya Norton memilih untuk memasukkan Andy ke ruangan hukuman dan mengatur konspirasi untuk menyingkirkan Tommy. Setelah Tommy disingkirkan, dan Andy keluar dari hukuman selama 1 bulan di kamar gelap, Andy masih terus bekerja kepada Norton. Hingga suatu malam, setelah menyelesaikan pekerjaannya, dan diminta Norton untuk membantu membawakan bajunya ke laundry, esok harinya Andy lenyap dari sel nya.

I remember thinking it would take a man 600 years to tunnel through the wall with it. Andy did it in less than 20.

(Red)

Penjara pun geger dibuatnya, termasuk Norton yang benar benar kalang kabut. Sementara Andy yang sudah di luar segera menyedot dana yang dulu dikerjakannya kepada Norton, dengan menggunakan identitas palsu ia pun lenyap membawa banyak uang, sementara itu mengirimkan dokumen keborokan Norton ke Pers.

Polisi segera menangkap Byron Hadley, kemudian Norton, namun sayang sebelum sempat ditangkap ia memilih untuk bunuh diri.

Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.

(Andy)

Andy yang sudah kabur dengan dana melimpah segera menuju tempat yang ia idamkan dari dulu, Zihuatanejo( Suatu tempat indah di Pantai Mexico), untuk mulai bisnis sewa kapal.

Sementara itu Red sudah lepas dari penjara segera memulai kehidupan normalnya, sama seperti apa yang dilakukan oleh Brooks, bahkan dengan menempati Apartement yang sama. Merasa ingin memenuhi janjinya kepada Andy, Red pun memutuskan untuk mendatangi tempat yang sudah pernah dikatakan Andy. Di tempat tersebut, tempat Andy dulu melamar istrinya, di suatu tempat di bawah pohon besar, Red pun menemukan kotak yang berisi uang beberapa dollar dan sebuah surat, yang pada intinya meminta Red untuk datang ke Zihuatanejo, akhirnya Red pun menyusul Andy ke Zihuatanejo dan memenuhi janjinya untuk membantu Andy di sana.

TOP QUOTES

Get busy living, or get busy dying.

TRAILER

NILAI NILAI KEHIDUPAN YANG BISA DILIHAT

– Pentingnya memiliki (setidaknya) seorang teman sejati, teman yang bisa dipercaya dan dapat diajak bekerjasama serta selalu mendukung dibelakang kita, membantu perjuangan kita, dan menemani saat keberhasilan kita

– Harapan dapat berbahaya bagi seseorang, namun juga penting untuk dimiliki, karena adanya harapanlah yang mendorong kita untuk bekerja, berusaha, dan membuat kita bertahan di saat-saat orang lain menyerah.

hole redemption ritasymphony

tim & morgan

TAHUKAH KAMU?

– Tom Hanks, sebenarnya akan dipilih untuk memerankan karakter Andy di film ini, berhubung dia sedang dalam proses pembuatan film lainnya, yaitu Forrest Gump(Film yang mengalahkan film ini nantinya di penghargaan Oscar), dia digantikan Tim Robbins. Namun setelah itu Frank Darabont dan Tom Hanks pun akhirnya benar-benar bekerja sama di film selanjutnya yaitu, The Green Mile (Uniknya film ini juga bertema penjara).

PARENTAL GUIDE FOR THIS MOVIE

Adegan Seks: YA, 1 di awal film . Homoseksualitas/ Lesbian: YA, ada geng Homo . Adegan Kekerasan: YA, Ada adegan pemukulan, ada adegan bunuh diri dengan gantung diri & dengan pistol . Adegan Berdarah: YA . Adegan Merokok: YA . Adegan penggunaan Obat-Obatan: TIDAK . Adegan Minum Minuman Keras: YA, Beberapa . Bahasa Kasar: YA, BANYAK . Adegan Menyeramkan: TIDAK

OVERALL: 21+(dewasa)

KESIMPULAN:

– film yang sarat makna dan wajib ditonton.

SATRIA HARYANTO’S MOVIE RATING

9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s